Cara Menjodohkan Kenari

Setiap peternak burung kenari tentu mengetahui bawah kegiatan beternak kenari tidak lepas dari proses menjodohkan antara kenari jantan dengan kenari betina. Oleh karena itu, biasanya seorang peternak tentu sudah mengetahui cara menjodohkan kenari dengan benar.
Jika anda seorang pemula dalam beternak kenari dan belum mengetahui cara menjodohkan kenari dengan benar, maka pada artikel kali ini saya memberikan penjelasan tentang hal tersebut.
Tapi sebelumnya anda harus memastikan bahwa kenari jantan dan kenari betina memang sudah siap untuk dijodohkan. Disinilah letak pentingnya mengetahui ciri-ciri kenari jantan dan kenari betina yang sudah siap untuk dijodohkan.

Ciri-ciri Burung Kenari yang Siap Untuk Dijodohkan
  • Adapun ciri-ciri burung kenari jantan yang siap untuk dijodohkan adalah sebagai berikut:
  • Kenari jantan akan sering berkicau atau gacor dengan gayanya yang menari ke kanan dan ke kiri sambil menurunkan sayapnya setengah badan
  • Kenari jantan akan sering terlihat melompat-lompat di dasar sangkar dan sengaja menabrak jeruji sangkar sambil berbunyi ngerol
  • Suara kicauan kenari jantan biasanya jadi lebih keras
Sedangkan ciri-ciri burung kenari betina siap untuk dijodohkan adalah sebagai berikut:
  • Kelamin burung kenari betina sudah membengkak dan memerah
  • Kenari betina sering menggeleparkan sayapnya sambil bunyi cit-cit itu untuk memanggil kenari jantan
  • Kenari betina mulai sering mengangkut kertas atau serabut nanas yang diletakkan di dalam sangkar
Cara Menjodohkan Kenari dengan Mudah
Cara menjodohkan kenari jantan dengan betina cukup mudah, asalkan mengetahui cara-cara yang tepat dalam melakukannya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah saling memperkenalkan antara kenari jantan dan betina dengan cara mendekatkan keduanya. Hal ini bertujuan agar keduanya sudah tidak merasa asing pada saat disatukan. Cara mendekatkan bisa ditempuh dengan menggunakan sangkar yang ada penyekatnya atau menggunakan sangkar terpisah yang didekatkan.


Proses penjodohan kenari jantan dan betina sebaiknya dilakukan selama 3 hari. Tanda kenari jantan jodoh dengan kenari betina adalah ketika kenari jantan rajin untuk merayu kenari betina, sedangkan kenari betina terlihat tenang mendekati kenari jantan. Tanda lainnya yang juga terlihat adalah saling meloloh diantara keduanya walaupun di luar sangkar.

Bila kenari jantan dan kenari betina sudah kelihatan berjodoh, maka hendaknya kedua kenari tersebut disatukan dengan cara memasukkan kenari jantan ke dalam sangkar kenari betina.
Proses penjodohan tersebut sebaiknya dilakukan di waktu pagi dan sore hari. Setelah keduanya disatukan di dalam sangkar, biasanya kedua kenari akan sama-sama dilanda birahi dan langsung kawin. Tapi, perlu untuk terus memperhatikan dan menjaga keduanya agar jangan sampai bertengkar sehingga melukai keduanya.

Biarkan proses kawin kenari jantan dan betina berlangsung selama 1 jam, karena selama itu kedua kenari tersebut bisa kawin selama 2-3 kali. Setelah itu barulah kenari jantan dikeluarkan dari sangkar kenari betina, kemudian keesokan harinya diulangi lagi proses tersebut.

Demikianlah cara menjodohkan kenari dengan mudah yang bisa anda coba lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda khususnya yang masih pemula dalam beternak kenari dan belum tahu cara yang benar dalam menjodohkan kenari jantan dan betina.