Mengenal Jenis Kenari F1 dan Ciri Cirinya

Fenomena burung jenis kenari F1 benar benar telah menaikkan popularitas burung kenari di dunia lomba, khususnya bagi pecinta kenari tipe postur. Harga jenis kenari F1 yang sangat tinggi menjadikan nama F1 menjadi ramai diperbincangkan di kalangan pecinta burung kenari. Akan tetapi kita harus memahami dan mengetahui apa sebenarnya burung jenis kenari F1 ini jangan hanya mendengar dari perkataan orang yang belum tentu benar kenyataannya.

Mengetahui ciri ciri kenari adalah hal yang sangat sulit, apalagi jika Anda adalah pecinta kenari pemula. Banyak yang bertanya tanya mencoba mencari tahu tentang  jenis kenari F1. Oleh karena itu, saya akan memberikan informasi sekaligus menjawab mengenai jenis kenari F1. Banyak informasi yang simpang siur tentang jenis kenari F1. Namun saya akan memberikan jawaban yang benar agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi mengenai jenis kenari F1.
Burung jenis kenari F1 adalah hasil persilangan dari kenari jenis Finch, yang dari persilangan itu maka akan menghasilkan anak atau keturunan yang pertama atau disebut juga F1. F1 artinya Filial 1  (keturunan 1). Sedangkan jika keturunan kedua maka disebut F2, begitu seterusnya.

Pada umumnya sebutan istilah F pada jenis kenari F1 adalah hasil perkawinan antara dua kenari yang berbeda. Misalnya kenari Yorkshire jantan dikawinkan dengan burung kenari lokal betina maka hasilnya adalah keturunan F1 Yorkshire. Hal ini sama saja dengan perkawinan antara burung kenari jenis Gloster pejantan dengan kenari jenis lokal betina, maka akan menghasilkan keturunan kenari F1 Gloster. Hal ini berbeda jika burung kenari F1 Yorkshire dikawinkan dengan burung kenari F1 jenis Gloster.

Mengenai ciri ciri jenis kenari F1, kita sebaiknya jangan terpaku dengan perkataan orang. Jika ada orang yang bilang kalau kenari F1 berpostur besar, itu belum tentu benar. Untuk mengetahui kepastiannya kita harus melakukan penelitian yang mendalam. Berdasarkan dari garis keturunannya. Karakter kenari F1 pada dasarnya memang harus berasal dari karakter induk yang ingin dicapai semirip mungkin. Kita harus terus menerus menyilangkan F1, F2. F3 dan begutu seterusnya. Semakin banyak angkanya semakin menunjukkan dan menjelaskan status burung tersebut dan mirip sama dengan tujuan awal kita, hanya saja proses yang dilakukan sangat panjang.

Sebagai contoh kita menyilangkan kenari Yorkshire dengan jenis kenari lokal. Apabila kenari jenis lokal tersebut mempunyai kualitas performa dan suara kicauan yang bagus, tetapi mempunyai tubuh yang kecil, maka keturunan pertama atau F1 bisa mendapatkan gen Yorkshire yang bertubuh besar, panjang, tapi mempunyai suara kicauan yang bagus dan indah mengikuti gen induknya yang jenis lokal. Pada dasarnya bentuk dan tujuan melakukan persilangan dari dua jenis kenari adalah mencari dan memunculkan jenis kenari yang mempunyai kualitas bagus. Jadi kesimpulannya ciri kenari F1, alangkah baiknya jika disesuaikan dengan indukan atasnya. Agar lebih mengetahui dengan pasti sebaiknya tanyakan kepada penjualnya tentang asal usul riwayat kenari tersebut sehingga tidak mengalami kesulitan ketika melakukan persilangan berikutnya. Untuk itu carilah penjual yang bisa dipercaya atau yang Anda kenal. Atau kalau tidak, carilah penjual yang sudah mempunyai nama besar di dunia breeder kenari.

Itulah tadi informasi yang saya berikan semoga dapat memberikan gambaran yang jelas tentang burung jenis kenari F1 sehingga dapat meluruskan informasi yang simpang siur mengenai kenari jenis F1 ini. Jadi kesimpulannya burung jenis kenari F1 bukanlah nama jenis, tetapi hanyalah nama genetika istilah keturunan dan harga kenari F1 menjadi mahal sebab merupakan hasil dari perbaikan genetika.