Cara Melakukan Pemotongan Ekor Anjing


Jika anda inging melakukan sendiri pemotongan ekor anak anjing berikut ini langkah-langkah yang harus di lakukan supaya pemotongannya sempurna.
  1. Lebih dulu persiapkan karet yang kuat untuk mengikat ekor, karet sebaiknya dari bahan pentil dan sebuah gunting untuk memotong karet.
  2. Pemotongan ekor pada anak anjing sebaiknya dilakukan ketika anak anjing masih berumur 5-10 minggu. Sebelum memulai pemotongan, perhatikan juga kondisi anak anjing itu. Anak anjing harus dalam kondisi normal, dalam arti bahwa anak anjing tidak sedang sakit atau hal lain. Jika mendapati anak anjing yang ukuran tubuhnya agak kecil dibandingkan anak anjing lainnya (lahir satu induk), sebaiknya pemotongan pada ekor anak anjing tersebut ditunda lebih dulu, dua atau tiga hari kemudian.
  3. Pada waktu pemotongan ekor anak anjing dengan menggunakan karet, ekor jangan sampai terlalu panjang atau kependekan, sebab akan terlihat kurang serasi dengan bentuk badannya (dianjurkan lebih baik melihat atu memanggil hobiis anjing yang sudah berpengalaman dalam memotong ekor anak anjing). Ikatan karet itu sebanyak dua kali putaran pada tempat yang sama. Satu putaran kurang kuat, karena karet bisa lepas dan memperlambat proses pemotongan ekor tersebut. Biasanya anak anjing yang diikat ekornya akan merasa kesakitan, tetapi kondisi itu hanya berlangsung antara 3-5 minit.
  4. Biasanya ekor anak anjing akan putus 4-7 hari. Pada saat ekor anak anjing putus, karet yang diikatkan pada ekor anak anjing itu juga ikut terlepas dengan sendirinya.
  5. Setelah kita mendapati ekor anak anjing telah putus, cepat berikan salep Betadine itu 3-4 kali dalam sehari, untuk mempercepat proses penyembuhan luka.
  6. Perhatikan juga tingkah laku induk anjing. Biasanya induk anjing yang melihat anaknya kesakitan akibat ekornya yang putus, akan menjilati luka pada anak anjing itu dengan lidahnnya. Meski ini merupakan kebiasaan alami, tetapi usahakan untuk mencegah induk anjing menjilati luka pada ekornya, karena justru akan mengakibatkan proses pengeringan luka lebih lama. Agar ekor anak anjing itu tidak dijilati terus oleh induknya, anda bisa memberikan bubuk pil kina (obat untuk sakit malaria) dan dibubuhkan pada ekor anak anjing yang baru putus, agar induknya tidak menjilati lukanya, karena rasa pahit.