Cara Memaster Kenari

Setiap pemilik burung kenari pasti menginginkan burung kenari peliharaannya memiliki kicauan yang indah, unik, serta mampu dengan cepat meniru kicauan burung pemaster yang didengarnya. Hal ini penting, sebab kenari yang seperti ini memungkinkan untuk memenangkan kontes kenari dan bakalan memiliki nilai jual yang tinggi.

Biasanya jauh –jauh hari sebelum pelaksanaan kontes, para pemilik kenari sudah mempersiapkan kenari andalannya yang akan diikutkan dalam kontes. Tujuannya, agar kenari andalannya bisa bersaing dan memenangkan kontes tersebut.

Salah satu bentuk persiapan yang sering dilakukan adalah dengan melakukan pemasteran terhadap burung kenari yang akan diikutkan dalam kontes. Disinilah letak pentingnya mengetahui cara memaster kenari dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal pada suara kicauan dan gaya kicauan burung kenari tersebut.

Cara Memaster Kenari Menggunakan CD atau MP3
Salah satu cara memaster kenari yang biasa digunakan adalah dengan menggunakan cd atau m3 berisi suara burung lovebird,cucak hijau, dan yang lainnya. Cara memaster seperti ini terbukti cukup ampuh, walaupun memaster kenari menggunakan suara pemaster kenari asli tentu jauh lebih baik.
Salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan pada tata cara memaster kenari adalah waktu dan usia yang tepat untuk memaster. Usia tersebut adalah 2- 3 bulan, apalagi jika anakan tersebut dalam keadaan siap disapih oleh induknya.
Adapun waktu yang tepat untuk memaster kenari adalah ketika kenari sudah mencapai usia 10 bulan. Pada usia ini, daya tangkap kenari sudah lebih baik, sehingga kenari dengan mudah bisa meniru suara pemasternya.

Berikut ini langkah demi langkah cara memaster kenari menggunakan cd atau mp3:
  • Tentukan terlebih dahulu mana burung kenari yang ingin dimaster lalu ditempatkan dalam sebuah sangkar.
  • Letakkan burung jenis pemaster di sebelah burung kenari yang ingin dimaster. Selain itu, usahakan tempat atau ruangan yang akan digunakan untuk memaster dalam keadaan sejuk,teduh,tenang, serta memiliki sirkulasi udara yang cukup bagus.
  • Pastikan untuk mengerondong burung kenari yang akan dimaster, agar burung kenari tersebut bisa lebih fokus merekam dan menirukan kicauan burung pemasternya.
  • Waktu yang terbaik untuk memaster kenari adalah di malam hari, sekitar pukul sepuluh malam sampai pagi. Sebab, memaster kenari pada malam hari akan memberikan suasana tenang bagi kenari dan menjadikannya lebih focus
  • Perlu dingat dan dicamkan bahwa tingkat kemampuan setiap kenari dalam merekam berbeda-beda; ada yang cepat dan ada yang lambat. Oleh karena itu, kegiatan memaster kenari membutuhkan kesabaran
Demikianlah cara memaster kenari yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Perlu diperhatikan juga untuk melatih kenari dan mengajarkannya beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya.