Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli

Salah satu jenis burung kicau yang banyak digemari oleh para pecinta burung kicau adalah murai batu medan. Sebab, murai batu medan memiliki bentuk tubuh yang gagah rupawan serta suara kicauan yang nyaring dan merdu dengan gaya yang nyentrik.

Sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri murai batu medan yang asli, agar jangan sampai anda tertipu oleh oknum-oknum penjual burung yang mengklaim bahwa burung yang dijualnya adalah murai batu medan asli padahal bukan.

Ciri-ciri murai batu medan asli bisa dilihat 2 segi;  segi fisik yang terdiri dari ukuran dan bentuk tubuh, serta anggota tubuhnya seperti mata, bentuk kepala, bentuk paruh, bentuk leher, bentuk ekor, dan bentuk kaki. bentuk paruh, kepala, bentuk ekor, bentuk leher, dan bentuk kaki; dan segi ketrekan.

Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli Dari Segi Fisik
Bentuk tubuh
Salah satu ciri-ciri murai batu medan asli yang paling menonjol adalah dari segi fisik. Bentuk fisik murai batu medan asli adalah besar dan panjang sehingga terlihat gagah apalagi pada saat berkicau.

Bentuk kepala
Ciri-ciri murai batu medan asli lainnya adalah bentuk kepalanya yang bulat. Tapi usahakan untuk membeli murai batu yang kepalanya tidak terlalu bulat untuk mendukung penampilannya pada saat berkicau.

Bentuk paruh
Ciri-ciri murai batu medan asli lainnya adalah bentuk paruh yang agak panjang dan tidak terlalu tebal. Tidak heran jika suara kicauan murai batu ini sangat merdu, nyaring, serta tajam. Sebab, bentuk paruh sangat mempengaruhi kicauan pada seekor burung kicau.

Mata
Ciri-ciri murai batu medan asli lainnya bisa terlihat pada matanya yang terlihat sehat dan tidak cacat. Biasanya para penggemar burung kicau tidak terlalu memperhatikan segi ini, padahal ini juga sangat penting. Sebab, ketika seekor burung memiliki mata yang sehat akan mempengaruhi aktifitas dan kemampuan berkicaunya.

Bentuk leher
Ciri-ciri murai batu medan asli lainnya adalah berleher panjang. Tidak heran jika suara kicauan murai batu ini terdengar nyaring dan sambung menyambung, yang semuanya disebabkan oleh bentuk lehernya yang panjang.

Bentuk kaki
Bentuk kaki murai batu medan asli tidak jauh berbeda dengan murai lainnya, hanya yang terbedakan adalah pada warna kaki. Sebab, warna kaki murai batu medan asli terdiri dari tiga warna yaitu warna cokelat kehitam-hitaman, cokelat kemerah-merahan, serta warna kuning keputih-putihan.

Bentuk ekor
Bentuk ekor adalah ciri-ciri murai batu medan asli yang paling menunjol. Bentuk ekor murai batu medan asli lebih panjang dari burung murai lainnya. Selain itu biasanya murai batu medan asli memiliki 4 pasang bulu putih yang berstrip hitam membelah secara horizontal.

Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli Dari Segi Ketrekan
Ciri-ciri murai batu medan asli khususnya yang sudah dewasa dari segi ketrekan adalah suaranya yang keras dan bersambung. Ketrekan artinya suara yang dikeluarkan oleh murai batu medan ketika melihat sesuatu yang mencurigakan. Demikian pula jika ada seseorang yang mendekati sangkarnya, maka ia akan bereaksi dengan cara melompat-lombat ke jeruji sangkarnya.