10 Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik kucing

Memelihara kucing adalah sebuah seni dari kesabaran, pengetahuan dan perasaan, dimana kita tidak cukup hanya dengan memberinya makanan dan minuman saja. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam memelihara seekor kucing.

Berikut ini adaalah 10 kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik kucing menurut Dr. Karen Becker, seorang dokter hewan Amerika Serikat.
  1. Menggunakan produk anjing untuk kucing. Ini adalah sebuah kesalahan yang paling fatal. Produk untuk anjing bayak yang tidak cocok atau bahkan tidak boleh digunakan untuk kucing.
  2. Memberi obat-obatan secara sembarangan untuk kucing.  Ini juga merupakan salah satu kesalahan fatal. Lebih baik jika anda berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter hewan.
  3. Membiarkan kucingnya gemuk. Membiarkan si kucing banyak makan dan kurang berolah raga dapat membuat si kucing mudah terserang berbagai penyakit.
  4. Kurang menjaga kebersihan kotak pasir. Kucing itu adalah hewan yang suka kebersihan. Membiarkan kotak pasirnya kotor, tidak pernah diganti adalah salah satu kesalahan.
  5. Kurang perhatian. Kucing memang memiliki kemampuan alami untuk bertahan hidup. Namun ketika anda memutuskan untuk memeliharanya, sikucing terkadang juga butuh bantuan anda, seperti menyikat bulu, memotong kuku, dan memandikannya.
  6. Jarang membawa kucing ke dokter hewan. Meskipun sikucing tanpak selalu sehat, alangkah baiknya secara rutin dibawa ke dokter hewan untuk medical checkup.
  7. Memberi makan dry food. Kebanyakan dry food tidak mengandung cukup nutrisi untuk si kucing, terutama dry food merk ecek-ecek. So, anda perlu memberikan variasi menu makanan.
  8. Salah menafsirkan perubahan perilaku kucing. Terkadang perilaku kucing yang tiba-tiba tidak mau pup di kotak pasir, kita anggap sebuah kenakalan. Sebenarnya hal itu lebih condong kepada kondisi kotak pasir yang kotor. Kucing itu binatang yang bersih.  Selain itu juga masih banyak perilaku lain yang salah kita tafsirkan.
  9. Sering kita pikir adalah normal jika sikucing muntah. Kucing yang muntah itu tandanya ada suatu masalah dalam dirinya, termasuk jika sikucing memuntahkan bola bulu. Perlu diketahui muntah ini cukup berbahaya lho.
  10. Tidak menyikat gigi si kucing. Penyakit pada gigi merupakan salah satu yang paring sering menyebabkan si kucing harus di rujuk ke dokter hewan.