Cara Memelihara dan Merawat Hamster

Hamster adalah hewan pengerat seperti tikus yang banyak digemari karena bulunya yang lembut. Maka sangat wajar kalau banyak orang menyukai hewan ini. Sebenarnya cara merawat hamster tidaklah terlalu sulit jika anda sudah tau informasi mengenai cara memeliharan dan merawat hamster yang benar. Karena jika anda belum ada pengetahuan tentang cara merawat dan memelihara hamster ditakutkan dapat menyebabkan efek yang tidak baik terhadap hamster kesayangan anda.
Berikut ada beberapa cara memelihara dan merawat hamster:
  1. Sebelum anda memutuskan untuk membeli hamster, ada baiknya anda menentukan dulu jenis hamster apa yang akan anda beli. Jika anda masih awam terhadap jenis-jenis hamster, carilah informasi mengenai jenis-jenis yang cocok untuk anda sehingga nanti anda tdak merasa kesulitan saat memeliharanya dan merasa puas terhadap hamster yang anda miliki. Karena hamster membutuhkan kasih sayang dari pemiliknya sehingga hamster akan mudah diatur.
  2. Seringlah menyentuh dan mengajaknya bermain dengan supaya hamster cepat mengenali anda. karena dengan mencium bau anda, hamster dengan cepat mengenali dan beradaptasi dengan anda.
  3. Usahakan agar kandang hamster selalu bersih, karena hamster menghabiskan banyak waktu di dalam kandang. Oleh karena itu anda harus bisa membuat hamster nyaman di dalam kandang.  Pakailah litter (alas) kandang yang terbuat dari serbuk kayu karena serbuk kayu dapat menghangatkan tubuh hamster dan usahakan untuk mengganti alas kandang minimal 2 x seminggu supaya kandang hamster terjamin kebersihannya Perlu diketahui kandang yang kotor akan menyebabkan hamster rawan terkena penyakit. Peralatan yang digunakan seperti tempat minum, mangkok pakan, dll jug perlu diperhatikan kebersihannya. Pastikan semua peralatan tersebut dicuci sampai bersih sebelum menggunakannya kembali.
  4. Perlu diketahui juga bahwa hamster yang hidup di alam liar untuk mencari makanan biasanya hamster berjalan samapi 10 mil dalam semalam. Hal tersebut merupakan alamiah bagia hamster sehingga anda harus menyediakan aksesoris seperti roda yang diciptakan khusus untuk hamster supaya dia bisa menyalurkan insting alamiahnya. Karena kalau hamster tidak bisa melakukan aktivitas tersebut akan berisiko terkena penyakit lumpuh. Anda juga perlu menyediakan sebuah kotak khusus untuk tempat persembunyian hamster keita dia mau tidur. Haster juga suka berjalan didalam terowongan sehingga anda juga perlu menambahkan aksesoris terowongan dalam kandang hamster.
  5. Perhatikan pula persidiaan air dan makanan. Anda perlu menyediakan makanan berupa biji-bijian seperti biji bunga matahari di dalam tempat makannya. Sedangkan air minum berupa air tawar. Berikan juga sedikit tambahan buah-buahan seperti seledri, wortel, anggur dan apel untuk menambah kebutuhan nutrisi hamster. Makan tambahan ini jangan diberikan terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak karena akan berpengaruh buruk terhadap pencernaan hamster.