Jenis-jenis Hamster

Hamster adalah hewan pengerat yang tersebar hampir di seluruh negara. Dengan bentuknya yang kecil membuat binatang ini mudah dibawa kemana-mana dan untuk memeliharanya tidak membutuhkan kandang dan areal yang luas. berikut ini adalah jenis-jenis hamster yang pupoler di Indonesia.

Hamster Roborovski


















Nama lain dari hamster jenis ini adalah Desert Hamster, Roborovski Hamster dan nama latinnya Cricetinae Phodopus roborovskii.
Hamster Roborovski yang memiliki karakter berkoloni ini berasal dari Mongolia yaitu wilayah utara cina. Hamster ini memiliki ukuran yang paling kecil diantara hamster jenis lainnya. Dengan memiliki karakter yang sangat sulit untuk dijinakkan sehingga membutuhwaktu yang lama untuk bisa di pegang, selain itu hamster roborovski juga memiliki karakter yang sangat lincah.
Wajah dari Hamster Roborovski sangat berbeda dengan hamster lainnya dan memiliki dua jenis bulu.  
Hamster Roborovski mempunyai wajah yang paling berbeda diantara hamster lainnya dan hamster ini hanya ada 2 jenis mantel bulu. Hamster Roborovski yang normal biasanya memiliki warna putih diatas mata sehingga menyerupai alis mata. Hamster Roborovski memiliki ekor yang sangat pendek sehingga hampir tidak kelihatan. 

Hamster Cina

















Disebut hamster cina karena hamster jenis ini berasal dari cina. Dengan postur tubuhnya yang lebih besar dari hamster lainnya sehingga hamster jenis ini tidak termasuk kedalam golongan hamster mini. Panjang tubuh hamster cina berkisar 10-12 cm. Di inggris hamster ini memiliki nama Chinase Hamster, Long-Tailed Dwarf Hamster. Sedangkan bahasa latinya Cricetinae Cricetulus griseus. Hamster ini mampu bertahan hidup hingga umur rata-rata 2- 3 tahun.
Hamster cina berwarna abu-abu memiliki garis yang berwarna cokelat gelap atau ada juga yang hitam di daerah punggungnya, sedangkan warna bulu di sekitar perut adalah putih. Salah satu cara untuk membedakan hamster cina jantan dengan betina adalah hamster jantan memiliki badan yang lebih besar dari hamster betina.

Hamster Hybrid















Hamster Hybrid adalah hamster hasil perkawinan antara hamster Campbel dengan hamster Winter White. Artinya, hamster jenis ini bukan golongan hamster murni. Hamster hybrid sangat jarang ditemukan di amerika dan inggris, bahkan di petshop terkenal sekalipun. Sehingga hamster hybrid sampai sekarang tidak memiliki nama latin seperti hamster jenis lainnya.  
Sebenarnya sebutan Hamster Hybrid tidak hanya untuk hasil perkawinan antara Hamster Campbel dengan Hamster Winter White, namun jenis hamster lain pun bisa dikawin silangkan dan hasil dari persilangan tersebut juga akan di sebut Hamster Hybrid.
Hamster Hybrid memiliki bulu campuran antara warna Cream pudar, putih dan warna abu-abu halus. Di punggung hamster hybrid terdapat garis halus berwarna Cream muda. Namun ada juga jenis hamster Hybrid yang berwarna emas terang dan matanya yang berwarna merah. Di Indonesia Hamster ini tergolong agak mahal ketimbang hamster jenis lainnya karena banyak penggemar hamster yang suka mengkoleksi hamster hybir dengan warna yang unik.

Hamster Campbel


















Di Inggris orang sering menyebut Campbell Hamster, Dwarf Campbell’s Russian Hamster sedangkan nama latinya Cricetinae Phodopus Sungorus camplellii. Hamter Campbel memiliki panjang tubuh sekitar 7 – 11 cm, batas umur maksimal sampai 2,5 tahun.

Hamster Syrian 




















Sebutan lainnya Golden Hamster, Teddy Bear Hamster sedangkan nama latin Cricetinae Mesocricetus auratus. Hamster ini memiliki panjang tubuh sekitar 16 – 18 cm dan batar umur rata-rata paling lama sampai 3 tahun.
Seperti namanya hamster Syrian berasal dari negara Siria. Hamster Syrian juga merupakan hamster yang paling populer di dunia, sehingga ia mudah di dapat di petshop. Namun beda halnya dengan Indonesia, hamnster jenis ini jarang di jual petshop karena di tempat kita orang lebih menyukai hamster mini, untuk mendapatkan hamster jenis ini anda dapat mencaranya ke pasar tradisional.
Golden Hamster merupakan sebutan lain untuk Hamster Syrian, karena bulu asli hamster jenis ini berwarna emas. Tapi sekarang sudah mulai banyak variasi mantel bulu dari Hamster Syrian. Untuk jenis yang berambut panjang orang sering menyebutnya Hamster Anggora atau Teddy Bear. Hamster Syrian betina terlihat lebih besar dari Hamster Syrian jantan.

Hamster Winter White


















Nama lainnya Winter White Hamster atau Dwarf Winter White Russian Hamster, sedangkan nama latinnya Cricetinae Phodopus Sugorus sungorus. Panjang tubuhnya sekitar 8 – 12 cm dan batas umur maksimal paling lama 2,5 tahun.
Hamster Winter White  merupakan kerabat dekat dari Hamster Campbel. Hamster Winter White  berasal dari Kazakhstan dan Siberia yang hidup di padang rumput bersalju. Dengan bulunya yang putih sehingga predator sulit melihat melihat mereka apabila berada pada tempat salju. Ciri khas lain dari Hamster Winter White  adalah moncong hidungnya yang agak panjang dengan telinga tidak tegak dang agak kebelakang.