Informasi Seputar Jenis Kenari Lokal

Sejarah Jenis kenari lokal yang ada di Indonesia saat ini sebagian besarnya berasal dari Taiwan, China dan Belanda. Kemudian, kenari-kenari tersebut dikawinkan secara silang sehingga jadilah jenis kenari lokal yang banyak di Indonesia.

Umumnya jenis kenari lokal yang ada di Indonesia saat ini merupakan burung kenari yang aktif bergerak dan banyak berkicau jika dalam keadaan sehat. Hal ini terlihat jelas pada burung kenari hutan ketika anda mendengarkan kicauan mereka ketika sedang berjalan-jalan menyusuri hutan.

Beberapa waktu yang lalu, jenis kenari lokal sempat menjadi primadona di lapangan kontes dan banyak dicari orang. Bahkan sampai saat ini burung kenari lokal masih banyak dicari dan diternak orang, Sehingga saat ini jenis kenari lokal masih dijumpai ikut dalam perlombaan.

Berdasarkan sejarah, burung kenari  berasal dari kepulauan canary yang terletak di sebelah laut Afrika, yang kemudian menjadi salah satu jenis burung yang tersebar di dunia, termasuk jenis kenari lokal Indonesia yang merupakan hasil pernikahan silang dari kenari Taiwan, Belanda, serta China.

Kepastian mengenai awal kali masuknya burung kenari ke Indonesia tidak begitu jelas. Awalnya burung kenari hanya merupakan burung piaraan masyarakat kelas atas dari kalangan bangsawan. Namun seiring dengan perjalanan waktu, burung kenari ini mulai tersebar dan banyak dipelihara oleh masyarakat biasa.

5 Jenis Kenari Lokal
Saat ini banyak jenis kenari lokal yang bisa kita jumpai di hutan maupun yang dipelihara oleh masyarakat. Beberapa jenis kenari lokal tersebut adalah:

1.Kenari lokal yang berwarna kuning
Jenis kenari lokal ini termasuk salah satu jenis kenari yang banyak dipelihara oleh masyarakat.  Jenis kenari ini biasa disebut dengan kenari lokal kuning karena berwarna kunig terang bercampur warna putih di tubuhnya

2.Kenari lokal yang berwarna merah
Warna merah pada jenis kenari lokal ini sebenarnya lebih ke warna orange. Tapi meskipun warnanya orange, jenis ini lebih sering disebut dengan kenari lokal merah. Kenari jenis ini banyak disukai oleh para penggemar burung kenari disebabkan warnanya yang cerah dan kicauannya yang merdu.

3.Kenari lokal yang berwarna putih
 Jenis kenari lokal ini berwarna putih. Oleh karena itu burung kenari ini disebut dengan kenari lokal putih.  Saat ini burung kenari lokal putih mulai dikenal masyarakat karena sudah beberapa kali peserta kontes membawa kenari jenis ini ke lapangan kontes.

4.Kenari lokal sunkist
Jenis kenari lokal ini memiliki warna seperti warna jeruk. Oleh karena itulah burung kenari jenis ini dinamakan dengan kenari sunkist.

5.Kenari lokal hijau
Jenis kenari lokal ini memiliki warna kuning bercampur kehitam-hitaman di bagian dada, sedangkan di bagian tubuhnya berwarna coklat belang dan kehitam-hitaman yang menyerupai warna hijau. Oleh karena itulah kenari jenis ini namakan dengan kenari lokal hijau.