Perawatan Kenari Lomba

Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi tentang perawatan kenari lomba. Artikel ini penting khususnya bagi anda yang sedang mempersiapkan kenari kesayangan anda untuk mengikuti perlombaan, sehingga  anda bisa mengetahui perawatan yang tepat untuk si kenari sehingga bisa maksimal dalam perlombaan dan memenangkan perlombaan tersebut.

Saat ini kebanyakan orang yang memelihara burung kenari tidak ingin tertinggal dalam mengikutkan kenari piaraannya dalam perlombaan. Bukan hanya sekedar kemenangan yang ingin didapatkan, tapi kepuasan melihat kenari piaraan mengalahkan kenari-kenari milik orang lain.

Melakukan perawatan kenari lomba tidaklah begitu sulit. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana meningkatkan kualitas suara kenari dengan latihan yang teratur, istirahat yang tepat, serta pembinaan mental kenari, dan beberapa hal penting lainnya.

Melatih Suara Kenari
Perlu diketahui bahwa yang menjadi patokan penjurian terhadap keindahan suara burung kenari bukan hanya sekedar kicauan yang merdu. Umumnya patokan penjurian juga berkaitan dengan kemampuan kenari dalam menyanyikan suara yang unik atau meniru suara nyanyian kenari lainnya.

Oleh karena itu, selama masa perawatan kenari lomba, sebaiknya kemampuan berkicau si kenari dilatih dengan pemasteran yang menggunakan suara kenari yang sudah pernah menjadi juara atau menggunakan master kenari yang cocok untuk mengisi suara kenari. Umumnya burung yang dijadikan sebagai pemasteran suara kenari adalah Jalak Suren, Black Throat, Love Bird, Glatik batu, Sanger, dan yang lainnya.

Kemampuan berkicau si kenari juga perlu dilatih dan ditingkatkan agar si kenari mampu berkicau terus menerus dalam waktu yang lama dengan variasi suara yang keras dan lembut. Selain itu perlu juga melatih si kenari agar bisa berkicau dengan suara yang khas dan tidak dimiliki oleh kenari-kenari lainnya. Sebab, hal ini bisa menjadi nilai tambah dalam penilaian.

Melatih Mental Kenari
Dalam masa perawatan kenari lomba, pastikan untuk melatih mental kenari dalam berkicau sehingga si kenari bisa berkicau dengan semangat dan percaya diri dalam perlombaan nantinya. Untuk melatih mental kenari, berikut ini beberapa hal yang perlu untuk dilakukan:

1.Gantungkan sangkar kenari di tempat orang-orang berlalu lalang
Perlu diperhatikan bahwa menggantung sangkar kenari hendaknya pada ketinggian kurang lebih 20-30 cm di atas kepala orang berdiri dan ditempat yang banyak dilalui orang. Hal ini untuk membiasakan kenari menghadapi kondisi yang sama ketika perlombaan nantinya.

2.Sering memindahkan tempat menggantung sangkar kenari
Agar burung kenari piaraan anda bisa berkicau dengan lantang di tempat manapun, pastikan untuk memindah-mindahkan tempat menggantung sangkarnya. Hal ini penting untuk membiasakan si kenari berkicau di tempat yang berbeda-beda. Usahakan setiap kali sangar si kenari dipindahkan ke tempat yang juga banyak orang yang berlalu lalang.
Selain hal di atas, perlu juga sekali-kali membawa si kenari ke tempat yang banyak kendaraan bermotor dan melatihnya berkicau di tempat tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi apabila lokasi perlombaan nantinya dilapangan yang banyak dilalui kendaraan bermotor.

3.Melakukan perawatan tepat sebelum perlombaan
Melakukan perawatan kenari lomba dengan tepat sebelum waktu perlombaan tiba sangatlah penting jika ingin memenangkan perlombaan tersebut. Perawatan kenari tersebut mencakup pemberian pakan yang berkualitas seperti merk Ebod Canary yang terbuat dari biji-bijian berkualitas super, dengan porsi pemberian yang tepat dan seimbang. Selain itu, penting juga untuk memberikan pakan yang mengandung sayuran, buah-buahan kering, vitamin dan yang lainnya, agar kebutuhan nutrisi si kenari bisa terpenuhi.

Demikian juga kalau cuaca lagi bagus, pastikan untuk menjemur si kenari di bawah sinar matahari pagi selama kurang lebih 30 menit. Setelah selesai dijemur, berikan vitamin harian berupa Ebod Vit dengan dosis 5-10 tetes untuk 50 cc air minum.

Ketika waktu perlombaan tinggal 2-3 hari lagi, cobalah untuk memberikan vitamin penggacor merk Ebod-Joss. Pemberian vitamin ini cukup dengan dosis 5 tetes untuk 50 cc air minumpemberian Ebod Vit di stop dulu.