Cara Perawatan Kenari Mabung

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara perawatan kenari mabung. Informasi ini sangat penting khususnya bagi anda yang mungkin masih baru dalam memelihara kenari dan untuk pertama kalinya menghadapi kenari mabung.
Sebelum kita membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa mabung atau diistilahkan juga dengan moulting  adalah sebuah keadaan dimana bulu-bulu burung kenari mengalami kerontokan karena akan berganti dengan bulu-bulu yang baru. Kondisi kenari mabung ini mirip dengan kondisi ular yang akan berganti kulit baru.
Ketika burung kenari mengalami kondisi mabung, maka akan membutuhkan perhatian dan perawatan yang lebih dari biasanya. Oleh karena itu, agar anda tahu apa yang harus dilakukan ketika menjumpai hal seperti ini pada burung kenari piaraan anda, pastikan anda membaca artikel cara perawatan kenari mabung ini sampai selesai.

Ciri-ciri Kenari Mabung
Ketika burung kenari piaraan anda mengalami kondisi moulting atau mabung, akan terlihat beberapa perubahan yang mencolok pada kenari tersebut. Beberapa perubahan tersebut adalah:
  • Bulu-bulu di tubuh si kenari mengalami kerontokan
  • Si kenari lebih banyak diam dan malas berkicau
Oleh karena itu, ketika anda melihat burung kenari piaraan anda malas berkicau yang dibarengi dengan kerontokan bulu-bulu di tubuhnya, maka sudah bisa dipastikan kalau burung kenari anda mengalami kondisi moulting atau mabung.
Tidak usah panik jika anda menjumpai hal seperti ini, sebab kejadian seperti ini masih tergolong wajar dan alami. Yang paling penting adalah anda harus mengetahui cara yang tepat untuk melakukan perawatan kenari mabung, agar kenari anda bisa sehat dan berkicau kembali.
Perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor penyebab terjadinya kondisi mabung atau moulting pada burung kenari . Beberapa faktor tersebut adalah:
  • Faktor usia  : Pada faktor ini, kondisi mabung terjadi ketika kenari mulai bertambah dewasa
  • Faktor musim : Pada faktor ini, kondisi mabung biasanya terjadi secara serempak pada semua kenari pada musim tertentu
  • Faktor lingkungan : Pada faktor ini, kondisi mabung terjadi disebabkan perubahan lingkungan yang dialami oleh kenari. Misalkan, kalau sebelumnya kenari hidup di daerah yang panas kemudian berpindah ke daerah yang dingin
  • Faktor hormon : Pada faktor ini, kondisi mabung terjadi disebabkan karena hormon pada burung kenari mulai tidak stabil karena memasuki masa berkembang biak. Kondisi ini ditandainya dengan gairah yang mulai dirasakan oleh kenari terhadap lawan jenisnya
Langkah-langkah Perawatan Kenari Mabung
Ketika burung kenari piaraan anda mengalami kondisi mabung, maka anda perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.Pisahkan sangkar
Segera jauhkan burung kenari yang mabung dari burung kenari lainnya yang tidak mabung. Pindahkan kenari mabung tersebut ke sangkar tersendiri dan letakkan ditempat yang bersih dan tenang. Tutup sangkar kenari mabung dengan penutup sangkar agar suhu dalam sangkar tetap stabil.

2.Perbanyak pemberian pakan bergizi
Proses mabung yang dialami burung kenari akan banyak  menguras tenaganya, sehingga kenari selalu merasa lelah dan letih. Oleh karena itu, perbanyak pemberian pakan kepada kenari mabung berupa makanan bergizi, yaitu makanan yang mengandung banyak protein, vitamin, serta nutrisi tinggi, agar kenari mabung mendapatkan tambahan tenaga.

3. Jangan terlalu sering dimadikan
Saat kenari piaraan anda mabung, jangan terlalu sering dimandikan karena akan mengganggu kesehatannya. Cukup mandikan sekali saja dalam seminggu atau dua minggu. Setelah dimandikan, pastikan untuk menjemur si kenari agar suhu tubuhnya cepat kembali normal.

4. Selalu latih suara si kenari
Jangan lupa untuk selalu melatih suara kenari mabung. Sebab, masa-masa mabung adalah masa-masa dimana kenari menyetting ulang suaranya. Latihan ini perlu agar ketika masa-masa mabung telah selesai, suara si kenari bisa tetap bagus bahkan bertambah baik. Salah satu cara melatih suaranya adalah dengan memperdengarkan mp3 suara kenari.

Inilah penjelasan tentang cara perawatan kenari mabung yang perlu anda ketahui. Kondisi mabung yang dialami kenari biasanya berlangsung sekitar 4-7 minggu. Dengan perawatan yang tepat, kenari piaraan anda akan kembali sehat dalam jangka waktu tersebut dan suaranya pun akan kembali normal bahkan lebih baik.