Mengenal Kenari Lizard yang Berbulu Unik

Apa itu kenari lizard? Kenari lizard atau kenari kadal adalah salah satu jenis burung kenari yang mempunyai corak bulu menyerupai kulit kadal. Kenari lizard ini mempunyai nama latin Serinus Canavaria. Kenari lizard ini termasuk hewan dengan sifat dan karakter pemalu dan termasuk burung yang tidak rewel, oleh karena itu sebaiknya jauhkan kenari lizard dari burung burung lain yang lebih agresif seperti burung lovebird dan burung parkit.


Kenari lizard mempunyai ciri ciri fisik yang mudah diingat. Kenari lizard yang dewasa mempunyai panjang tubuh antara 13 sampai 14 cm atau sekitar 5 inchi. Bulu bulunya yang bercorak mirip kadal yang unik dan memukau menjadi pembeda di antara berbagai jenis burung lainnya dan menjadikannya mudah dikenal. Bulu bulu mirip kadal tersebut disebut juga spangling yaitu serangkaian bintik hitam berbentuk bulan sabit yang ada di punggung kenari lizard. Selain di bagian punggung, ada pola unik pada bulu bagian kepala kenari lizard, yang biasa disebut cap. Disebut cap karena bentuknya mirip dengan topi.

Sejarah dan habitat asal kenari lizard. Menurut sejarah, lizard kenari pertama kali ditemukan pada tahun 1700an di Perancis. Saat itu kenari lizard tidak begitu populer. Di Eropa sekitar tahun 1900 ada wabah penyakit yang menyerang penduduk Eropa. Selain itu pada tahun tersebut terjadi perang dunia sehingga menjadikan populasi burung kenari lizard menurun sangat drastis. Akhirnya pada tahun 1945, berdiri Asosiasi Burung Kenari Lizard di Inggris untuk menjaga populasi kenari lizard. Dan akhirnya sekarang kenari lizard semakin meningkat populasinya, dan burung kenari lizard menjadi salah satu jenis kenari yang paling populer di dunia.
Kenari lizard ada beberapa macam jenisnya. Berdasarkan warna tubuhnya, burung kenari lizard dibagi menjadi 4 jenis, yatu :

1. Gold Lizard
Gold Lizard adalah kenari lizard yang warna tubuhnya sebagian besar berwarna kuning.

2. Silver Lizard
Silver lizard ini merupakan kenari lizard yang tubuhnya lebih banyak berwarna perak atau abu abu.

3. Red Lizard
Warna tubuh red lizard lebih banyak didominasi warna merah.

4. Blue Lizard

Wana tubuh jenis ini sebagian berwarna biru keputih putihan.
Selain dari warna punggungnya, berdasarkan tipe kepalanya, kenari lizard ini dibagi menjadi  3, yaitu:

1. Clear Cap
Yaitu kenari lizard yang kepalanya terlihat botak di bagian tengah, dan tidak terdapat bulu di di bagian tengah atas kepalanya.

2. Broken Cap
Kenari lizard dengan kepala botak tidak beraturan.

3. Non Cap

Kenari lizard yang tidak ada bulu yang menyerupai bentuk topi di bagian kepala.
Keunggulan dan kelebihan kenari lizard terletak pada bentuk bulu bulunya di bagian kepala yang mirip topi dan bagian punggung yang bulu bulunya bercorak mirip sisik atau kulit kadal. Walaupun suara kicauan kenari lizard kurang begitu menonjol, namun suara kicauan burung kenari lizard ini bisa dilatih secara rutin agar bisa mengikuti lomba burung berkicau.

Perkembangbiakan
Sebenarnya burung lizard kenari ini sangat mudah untuk dirawat dan dikembagbiakkan, apalagi bila diberikan makanan rutin yang berkualitas, dengan pengaturan pencahayaan yang tepat, serta lingkungan yang cocok, yaitu tempat yang hangat dan luas. Lizard kenari bisa dikawinkan dengan berbagai jenis kenari apapun. Biasanya musim kawin burung kenari lizard antara bulan Desember dan April. Kenari lizard betina biasanya rata rata memproduksi telur setiap hari satu butir telur.
Itulah sekilas tentang kenari lizard yang berbulu unik dan memukau. Semoga penjelasan tentang burung kenari lizard ini membantu Anda dalam mencari informasi mengenai kenari lizard