Informasi Seputar Burung Kenari Yokser

Kenari Yokser termasuk salah satu jenis burung yang sangat banyak dibudidayakan saat ini. Bentuknya yang indah menyerupai wortel yang terbalik serta kicauannya yang merdu menjadikan burung kenari sangat digemari oleh masyarakat. Maka sangat pantas jika harganya pun sangat mahal.

Kenari Yokser asalnya merupakan kenari yang dikembangkan dan dibudidayakan di wilayah Yorkshire, Inggris. Kenari ini sebenarnya bukanlah jenis kenari yang alami, tapi  merupakan hasil perkawinan silang antara Kenari Belgia dan Kenari Lancashire.

Kenari Yokser memiliki ukuran tubuh yang besar, sekitar 16 cm. Ukuran tubuhnya lebih besar dari burung kenari biasa, apalgi burung kenari lokal. Oleh karena itu para peternak Kenari Yokser biasanya menempatkan kenari ini dalam sangkar yang lebih besar ukurannya dibandingkan dengan sangkar kenari biasa pada umumnya.

Harga Kenari Yokser dewasa dan jantan saat ini mencapai 7-10 jutaan per ekor. Harga ini berlaku untuk Kenari Yokser yang bagus. Adapun ciri-ciri Kenari Yokser yang bagus adalah sebagai berikut:
  • Bentuk tubuhnya panjang
  • Warna bulunya bagus
  • Memiliki beberapa helai bulu kaki yang panjang
  • Bentuk tubuhnya menyerupai wortel terbalik
  • Postur tubuh tegap, dada bidang dan agak padat
  • Jika dalam keadaan sehat nafsu makannya tinggi
  • Gerakannya lincah dan hiperaktif
  • Nafasnya lancar
  • Tidak ada kotoran yang menempel pada dubur
Cara Merawat Kenari Yokser
Pada dasarnya merawat Kenari Yokser tidak jauh berbeda dengan merawat kenari biasa. Hanya saja bagi seorang peternak pemula mungkin agak kesulitan disebabkan Kenari Yokser lebih rewel dan rentan terkena stres. Sifat kenari ini juga sulit ditebak, apalagi jika dilanda birahi.

Tempatkan Kenari Yokser dalam sangkar yang cukup besar. Perlu diingat bahwa Kenari Yokser sangat sensitif dengan kekuasaan. Oleh karena itu, jangan pernah menempatkan 2 Kenari Yokser dalam satu sangkar karena akan menyebabkan pertengkaran.

Dalam pemberian pakan, makanan yang terbaik bagi Kenari Yokser tidak berbeda dengan kenari biasa yaitu canary seed dan rape seed. Pemberian vitamin secara teratur juga penting untuk menunjang kesehatannya. Jangan lupa untuk menyiapkan tempat mandi khusus untuk Kenari Yokser di dalam sangkarnya karena kenari ini suka sekali mandi.

Umumnya proses perkawinan Kenari Yokser berlangsung antara bulan Desember dan April. Dalam masa-masa perkawinan ini, usahakan untuk menempatkan Kenari Yokser jantan dan betina dalam satu sangkar, agar prosesnya lebih lancar dan optimal. Umumnya jumlah telur yang bisa dihasilkan oleh kenari betina adalah satu telur per hari.

Agar Kenari Yokser bisa tumbuh baik dan sehat, usahakan untuk menempatkan kenari ditempat yang bersih dan kering. Hindari menempatkan kenari di tempat yang lembab dan dingin karena bisa menyebabkan kenari terserang hama kutu yang mengganggu kesehatan dan pertumbuhannya.