Cara Beternak Kenari yang Perlu Anda Ketahui

Pada artikel kali ini saya akan membahas secara singkat tentang cara beternak kenari dengan baik dan benar. Artikel ini sangat penting khususnya bagi anda yang ingin memulai usaha sampingan dengan beternak kenari tapi belum mengetahui cara yang baik dan benar dalam melakukannya.

Keinginan untuk mengetahui cara beternak kenari bukan karena sekedar ingin menyalurkan hobi merawat dan memelihara burung kenari, tapi juga karena saat ini harga jual burung kenari dipasaran sangat tinggi, bahkan ada yang mencapai 10 juta per ekor. Ini tentu merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Cara beternak kenari sebenarnya tidak begitu sulit, asalkan mengetahui cara yang benar dalam memeliharanya. Berikut ini hal-hal yang perlu anda ketahui dalam beternak burung kenari.




1.Memperhatikan kondisi sangkar
Seseorang yang betul-betul mengetahui cara beternak kenari yang baik dan benar tentu memahami bahwa kondisi sangkar sangat menentukan keberlangsungan hidup burung kenari.

Sangkar untuk burung kenari haruslah dalam keadaan bersih dan memiliki ruang yang cukup besar sehingga kenari bebas untuk melompat ke sana ke mari di dalam sangkar tersebut. Meletakkan sangkar burung kenari hendaknya dengan melekatkannya ke dinding atau tiang agar sangkar tidak bergoyang-goyang. Letakkan sangkar ditempat yang teduh dan jauh dari keributan agar kenari tidak terganggu pada saat mengerami telurnya.

Jauhkan sangkar dari kondisi yang lembab karena bisa menyebabkan kenari betina diserang oleh kutu burung yang akan menganggu proses produksi dan penetasan telur yang sedang dierami, dan pada burung jantan akan menyebabkan gangguan pada suaranya. Demikian pula jauhkan kenari dari gangguan semut dan serangga karena bisa mengganggu kenyamanan, bahkan bisa menyebabkan kematian bagi kenari.

2.Membedakan usia kenari
Sangat penting untuk memperhatikan dan membedakan usia masing-masing dari burung kenari yang sedang diternakkan. Sebab, dengan mengetahui usia kenari akan diketahui jenis pakan yang tepat untuk diberikan. Selain itu akan diketahui juga kapan harus mengawinkan burung kenari tersebut. Sebab, ada perbedaan pada usia kawin antara kenari jantan dan betina. Ini adalah salah satu cara beternak kenari yang tidak boleh diabaikan.

3.Memberikan jenis pakan yang tepat
Memberikan jenis pakan yang tepat untuk burung kenari adalah salah satu cara beternak kenari yang sangat penting. Jenis pakan yang diberikan kepada kenari akan mempengaruhi tingkat kesehatan dan kualitas suaranya.

Jenis pakan yang diberikan kepada kenari hendaknya mengandung zat-zat yang sangat diperlukan oleh kenari. Zat-zat tersebut adalah protein, mineral, karbohidrat, dan lemak. Salah satu contoh pakan yang sangat baik bagi kenari dan merupakan pakan utama adalah canary seed (biji kenari). Sebab, biji dari canary seed banyak menandung protein, lemak, dan karbohidrat.

Demikianlah artikel tentang cara beternak kenari dengan baik dan benar. Selain cara yang saya sebutkan di atas, masih ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan ketika beternak kenari seperti jenis makanan yang tepat ketika tubuh kenari kurus atau sedang hamil. Demikian pula waktu dan cara megawinkan kenari jantan dengan betina, hal-hal yang harus diperhatikan ketika kenari betina sedang mengeram, dan yang lainnya.

Mulailah beternak burung kenari dan jangan takut melakukannya. Sebab, seiring dengan berlalunya waktu dan banyak pengalaman yang didapatkan ketika memelihara burung kenari, anda akan semakin tahu cara beternak kenari yang baik dan benar.