Macam Macam Kenari di Dunia

Burung kenari termasuk salah satu jenis burung kicau yang sangat populer dan mempunyai banyak penggemar. Warna bulu yang indah dan merdu kicau suaranya menyebabkan burung kenari banyak disukai para penyuka burung. Kicauan burung kenari yang merdu dan indah membuat semua orang yang mendengarnya terpukau. Itulah mengapa burung kenari disebut sebut sebagai primadona di antara bermacam macam burung burung kicau. Oleh karena itu harga macam macam kenari pun perlahan lahan menjadi naik.

Berdasarkan klasifikasinya, kenari termasuk jenis Aves, Family Fringillidae dan dari Kingdom animalia Phylum. Asal mula burung kenari pada awalnya berkembang biak di daerah timur laut Afrika dan di daerah kepulauan Canary. Namun sebenarnya burung kenari bukan asli dari kepulauan Canary, hanya dikembangbiakkan di daerah tersebut. Asal mula semua kenari yang ada di dunia ini adalah generasi dari anak keturunan kenari liar.

Pada kali ini saya akan memberikan info tentang macam macam kenari di dunia. Berikut ini adalah macam macam kenari di dunia berdasarkan varietas :
  1. Canary of PostureCanary of posture atau kenari postur adalah kenari yang dikembangkan khusus berfokus pada postur atau bentuk tubuhnya saja tanpa mempertimbangkan suara kicauannya.  Jadi kenari varietas canary of posture disukai karena semata mata keindahan bulu dan postur badan.
  2. Color Bred Variety. Color bred variety atau kenari warna lebih berfokus pada keindahan warna bulu kenari. Jadi kenari varietas ini lebih mengutamakan keindahan warna bulu kenari dan tidak mempedulikan suara kicauannya.
  3. The Mule and Hybrid CanaryVarietas kenari yang ketiga adalah the mule and hybrid canary atau disebut juga kenari hybrid atau kenari bagal. Kenari jenis ini merupakan hasil persilangan antara kenari dengan burung finch. Hasil dari persilangan ini atau hasil mutan ini menghasilkan bermacam macam karakter yang menonjol dari segi warna bulunya, suara kicauannya , atau dari segi postur tubuhnya. Tergantung dari jenis kenari apa yang dipersilangkannya.
  4. Song Variety. Song variety atau Kenari lagu yitu varieta kenari yang menitikberatkan pada kualitas lagunya atau suara kicauannya. Jenis kenari ini banyak digemari oleh para penggila burung. Hal ini disebabkan karena banyak orang menilai bahwa burung kenari yang gacor dan bersuara indah adalah burung kenari yang bagus. Walaupun yang demikian itu adalah relatif bagi tiap tiap penggila burung.
  5. Kenari varietas hasil perkawinan silang. Pada kenari jenis ini tidak mempertimbangkan berdasarkan warna bulu, kicauan suara, dan postur tubuh. Tetapi hanya berfokus pada produktivitas kenari dari berbagai jenis apapun itu.
Sebenarnya ada banyak macam macam kenari di dunia, namun saya akan menjelaskan macam macam kenari impor :
  1. Kenari Norwich. Kenari asal Norwich Inggris ini mempunyai postur dan suara yang unik. Kenari Norwich termasuk dalam varietas kenari postur. Ciri cirinya bentuk bulat, dada bidang, punggung lebar dan pendek, paruh, ekor dan sayap pendek, warna kuning dan hijau.
  2. Kenari Cinnamon. Kenari ini termasuk color bred variety. Kenari ini mempunyai bulu berwarna kayu manis. Kenari ini merupakan kenari yang berbulu paling baik dari semua ras. Ciri cirinya warna mata jantan hitam sedangkan warna mata betina merah muda, warna dasar coklat kemerahan dengan sedikit kekuningan, postur bulat, dada bidang.
  3. Kenari Border. Kenari ini sangat populer bagi peternak. Kenari border mempunyai ciri semuanya berbentuk bulat. Sangat digemari karenapostur badannya yang lucu. Kenari border lebih dikenali karena dijadikan ikon tokoh kartun “Tweety” dalam serial kartun Looney Tunes. Kenari border memiliki suara yang unik dan bagus sehingga tak jarang dimasukkan lomba atau kontes kenari border. Ciri cirinya cenderung pemalu dan pendiam, mdah sekali stres terutama jika didekatkan dengan burung yang sangat agresif, dan agak sulit untuk dikembangbiakkan.
Demikianlah penjelasan dari macam macam kenari. Varietas kenari mana yang Anda suka? Setiap orang mempunyai kesukaan sendiri sendiri pada jenis kenari tertentu  dan kecenderungan yang berbeda beda. Semoga informasi tentang macam macam kenari ini bermanfaat.