Tanda-tanda Kebuntingan pada Kucing

Kebuntingan kucing mungkin salah satu hal yang di tunggu-tunggu oleh pemilik kucing. Oleh karenanya, kita perlu mengenali tanda atau cirri-ciri kucing yang bunting, seperti:
  1. Penting sekali untuk mencatat tanggal kawin kucing kesayangan anda untuk memperkirakan waktu kelahiran kucing, sehingga kita dapat mempersiapkan diri menimang kucing baru. Perhatikan pula kalkulator kelahiran untuk menghitung/memperkirakan waktu kelahiran kucing.
  2. Kucing bunting dapat mengalami perubahan fisik dan tingkah laku, diantaranya:
Perubahan fisik. 
  • Bagian perut mulai membesar. Perut kucing yang bunting mulai terlihat membesar pada umur kebuntingan 5 minggu. Bagian perut ini akan terus membesar hingga mendekati saat melahirkan.
  • Putting susu berwarna pink dan membesar. Salah satu tanda yang paling mencolok adalah perubahan pada areal putting susu. Pada kucing bunting, putting susu membengkak dan warnanya menjadi pink.
  • Keluar susu. Air susu mulai di produksi dan bisa dikeluarkan sekitar 2-3 minggu akhir masa kebsuntingan. Jadi bila putting susu dipencet dengan lembut dan terlihat ada cairan susu, maka kelahiran akan terjadi sekitar 2-3 minggu lagi.
  • Bulu sekitar puting susu menipis.
Gambar: Kucing Bunting


 Perubahan tingkah laku
  • Muntah-muntah. Pada beberapa kejadian kucing bunting juga muntah-muntah tapi kasus ini jarang ditemukan, seperti halnya manusia pada awal kehamilan. Bila gejala itu terjadi maka segera hubungi dan konsultasi dengan dokter hewan.
  • Berhentinya siklus birahi secara tiba-tiba. Siklus birahi (siklus estrus) kucing tergantung berbagai hal, salah satunya adalah musim. Di Indonesia yang merupakan Negara tropis, siklus estrus kucing tidak banyak dipengaruhi oleh musim. Rata-rata panjang satu siklus estrus kucing sekitar 1-1,2 bulan. Waktu birahi berlangsung sekitar 7 hari. Bila setelah dikawinkan, birahi kucing berhenti secara tiba-tiba dan tidak minta kawin lagi, kemungkinan besar bunting sudah terjadi.
  • Peningkatan nafsu makan. Kucing yang bunting memperlihatkan peningkatan nafsu makan. Tentunya peningkatan nafsu makan bertujuari memberikan nutrisi yang cukup bagi perkembangan induk dan janinnya.
  • Lebih lembut dan mencari perhatian. Sebagian kucing yang bunting mengalami perubahan tingkah laku seperti Iebih tenang dan lembut, Selain itu, mereka juga  mencari perhatian Iebih terhadap pemiliknya. Pada akhir masa kebuntingan terlihat beberapa tingkah laku seperti gelisah dan lebih suka berada di tempat hangat dan tertutup.