Cara Melatih Anak Kucing Persia

Kemandirian dan semangat untuk bebas adalah alamiah kehudupan dari hewan termasuk kucing persia. Namun demikian, kita masih bisa melatih anak kucing untuk bisa tunduk kepada kita. Anak kucing bisa di latih sehingga prilakunya sesuai dengan kehidupan rumah kita.

Prilaku
Banyak prilaku dari anak kucing yang tidak kita sukai, seperti naik ke meja makan, mencuri ikan, buang hajat sembarangan, dll. Namun, semua prilaku itu bisa kita rubah dengan kita melatihnya karena anak kucing memiliki semangat yang tinggi untuk belajar sehingga kita dapat meroboh prilaku dari anak kucing yang tidak kita sukai. Caranya yaitu ketika anda melihat ada prilaku anak kucing yang  tidak baik maka perintahkan dia dengan kata jangan” sambil menuntun, atau memindahkan ke tempat yang anda inginkan. Contohnya, ketika anak kucing anda buang air sembarangan, maka laranglah dia dengan kata “jangan” sambil menuntun dia ke litter box (tempat buang kotoran).  Kalau itu tidak berhasil, maka beri dia sedikit pukulan dengan kertas koran dengan catatan jangan sampai pukulan itu menyakiti anak kucing.

Buang air
Buang air pembarangan merupakan salah satu prilaku kucing yang sangat tidak senangi, di samping baunya yang menyengat juga bisa menyebarkan bibit penyakit kepada kita. Masalah ini bisa diatasi dengan cara membuat toilet khusus (litter box) untuk kucing, liter book adalah kotak yang berisi pasir dan bagusnya kita letakkan di tempat yang jauh dari rumah (jika kucing tidak di kandangkan). Kemudian perkenalkan litter box tersebut kepada anak kucing anda dengan cara membawanya ke tempat itu minimal 3 x sehari yaitu waktu pagi, siang dan sore hari.

Interaksi dengan manusia
Pergaulan merupakan hal penting bagi anak kucing, ajak anak kucing anda bermain minimal 3 x dalam seminggu seperti melatih anak kucing untuk jogging di pagi hari atau bermain dengan benda-benda yang disukai anak kucing. Sehingga anak kucing selalu fit dan terlihat aktif dan tidak takut terhadap keramaian.