Tips Memilih Indukan Kucing

Apakah anda ingin membeli induk kucing persia? berikut ini adalah tips memilih induk kucing persia.

Badan
Sebaiknya memilih tipe cobby, yaitu berkaki pendek dan besar, pundak lebar dan kepala melingkar. Pilihlah kucing yang memiliki dada melebar dan dalam. Hal ini menandakan bahwa paru-paru kucing berfungsi dengan baik. Kriteria punggung kucing yang baik adalah rata serta lebar dengan tulang yang pendek dan besar. Bahu dan pinggulnya lebarnya sama. Perut berukuran kecil. Otot-ototnya keras dan berkembang dengan baik.

Mata
Kucing harus memiliki sepasang mata yang bulat-besar, jernih, cerah, terbuka lebar, dan penglihatannya tajam. Selain itu, mata pada kucing yang berkualitas pada umumnya bersih dan tidak ada cairan atau lendir yang beraroma tidak sedap.

Hidung
Bentuk hidung disesuaikan dengan rasnya. Pada umumnya, kucing persia berhidung pesek atau pendek, berukuran kecil-melebar, dan mendongak ke atas. Pada bagian pangkal hidung tampak ada belahan. Pada semua jenis kucing tidak terdapat cairan atau lendir yang keluar dari hidung.

Telinga
Telinga kucing harus kecil dengan ujung membulat. Jarak antar telinga relatif jauh. Pangkal telinga tidak terlalu terbuka, ujung melengkung dan menghadap kebawah. Tidak terdapat kutu atau pinjal pada lubang atau sekitar telinga.

Kepala
Kucing persia berukuran relatif besar atau padat dan melingkar. Struktur tulang wajah atau tengkorak besar, kokoh, dan melingkar. Sementara itu, dagunya bulat, kuat, dan tidak terlalu rendah. Rahangnya besar dan kuat, pendek, tebal, gigi rapi, bersih, dan under bite tidak lebih dari 2 mm.