Kenali Lebih Dekat Burung Gould Amadin



Pemeliharaan Goul Amadin tidaklah sulit, yang paling utama untuk diperhatikan adalah kebutuhan makanan dan minuman. Sebab sebagai burung pemakan biji-bijian, Goul Amadin hampir setiap saat membutuhkan makanan dan minuman. Hanya pada malam hari burung ini berenti makan.

Kebutuhan proteinnya cukup tinggi. Karena itu pilihlah biji-bijian seperti jewawut, canary seed, miled, nigger seed. Burung ini juga memakan sayur-sayuran, seperti kangkung, selada, pucuk dan wortel serta daun lobak.
Untuk pemberian makanan, agar tidak mengandung penyakit pakan dan biji-bijian lain dicuci lebih dahulu . baru setelah itu dijemur dibawah terik matahari. Ambil sesekali dibolak-balik.

Apabila burung ini dalam kondisi sehat, maka ciri-ciri yang nampak adalah fisik yang normal dan sehat, bulu tidak kusam (berwarna cerah) dan tidak mengalami kerontokan. Sedangkan bagian muka tampak bulat dan jernih.

Untuk menjaga agar bulu burung tetap cerah, sebaiknya Goul Amadin ditempatkan disangkar yang besar. Didalam sangkar itu dilengkapi kebutuhan air yang cukup. Baik itu untuk minum maupun membersihkan badan, sehingga bulu burung tetap terawat. Usahakan kandang mendapat sinar matahari yang cukup.

Umumnya Goul Amadin menyenangi lingkungan di habitatnya bertemperatur 300 C dan kelembaban udara 60-70 %. Selain di teras atau luar rumah, Goul Amadin ini bisa dipelihara dalam rumah dengan intensitas cahaya minimal 25%.

Harga burung ini rata-rata berkisar Rp 1-2 juta