Cara ampuh mengatasi air kolam ikan hias berwarna hijau


Memiliki kolam ikan hias merupakan dambaan banyak orang. Melihat ikan berenang dan suara gemericik air kolam membuat suasana hati menjadi damai.  Namun apa jadinya setelah kita membangun kolam yang begitu indah tetapi air kolamnya tidak selalu jernih. Air yang tadinya kita isi jernih Cuma bertahan maksimal 2 hari dan selanjudnya berubah menjadi hijau. Pastinya anda akan merawa kecewa dan merasa usaha anda selama ini sia-sia.

Perlu diketahui, penyebab utama air kolam berubah warna menjadi hijau adalah cahaya sinar matahari, lokasi kolam ikan hias atau aquarium yang terpapar sinar matahari langsung membuat alga tumbuh subur dan zal klorofil yang dihasilkan oleh alga tersebut membuat air kolam ikan berwarna hijau. Alga yang tumbuh dalam air sangat berpengaruh terhadap oksigen sehingga menyebabkan ikan hias kekurangan oksigen dan yang paling fatal dapat menyebabkan kematian ikan hias secara mendadak.    

Sebelum saya menemukan solusinya, Ada beberapa langkah usaha yang pernah saya  lakukan untuk mendapatkan air kolam kembali jernih dan itu tidak banyak memberikan hasil dan bahkan tidak ada dampak sama sekali. Berikut ini saya uraikan berdasarkan pengalaman saya, dan anda boleh mencobanya. Mungkin saja pengalaman kita berbeda.  

1.     Membersihkan filter air secara rutin









Memang benar dengan seringnya membersihkan filter air membuat air kolam menjadi bersih dari kotoran ikan dan sisa-sisa pakan, mungkin itu bagus untuk ph air. Akan tetapi berdasarkan pengalaman penulis, itu tidak berpengaruh sama sekali terhadap warna air kolam. Air kolam tetap saja hijau walaupun filter air telah kita bersihkan secara rutin krn alga masih tetap hidup subur di dalam air.

2.       Memakai lampu sinar Ultraviolet










Secara teori, sinar ultra violet bisa menghambat pertumbuhan alga, dan saya pernah memasang lampu sinar UV didalam filter air supaya air yang masuk kedalam kolam sudah terpapar sinar UV terlebih dahulu. Dan jujur, itu sedikit memberikan dampak terhadap warna air kolam tetapi tidak maksimal, air tetap kelihatan hijau.

3.       Memasang paranet









Usaha saya belum berhenti disitu, saya mendapatkan ide dari teman untuk memasang paranet tepat di atas kolam ikan untuk mengurangi paparan sinar matahari ke dalam kolam, karena seperti kita ketahui penyebab utama air kolam ikan air tawar menjadi hijau adalam adanya paparan sinar matahari ke kalam air sehingga menyebabkan alga dapat melakukan fotosintesis.

Usaha itu juga dampaknya Cuma sedikit, dan terakhir saya memilih untuk membuka paranetnya karena kelihatan kumuh dan pastinya tidak enak di pandang mata.

Terakhir saya mencoba mencaraikan solusi dengan produk-produk anti alga yang di jual di pasaran. Dan itu tidak langsung berhasil. Banyak produk yang saya beli juga tidak bisa menyelesaikan masalah. Menghabiskan waktu yang lama dan banyak menguras tenaga untuk melakukan ujicoba sebuah produk karena biasanya saya sebelum melakukan ujicoba terhadap sebuah produk, terlebih dahulu saya menguras kolam dan mengisi kembali dengan air yang baru. Sehingga saya menemukan sebuah produk yang paling ampuh yang dijual di toko ikan hias dengan harga yang terjangkau, alhamdulillah setelah sekian lama saya mencari solusilusi untuk mengatasi warna air kolam hias menjadi hijau, saat ini saya menemukannya.