Pentingnya Susu untuk Anak Kucing

Sudah pasti susu induk kucing lebih baik ketimbang susu formula, namun kadangkala ada kendala tertentu sehingga induk kucing tidak mampu menyusui anaknya seperti induknya sedang sakit, atau malah induknya mati sehingga anda harus merawat sendiri anak kucing.
Anak kucing yang baru dilahirkan masih sangat lemah untuk melawat serangan penyakit. Oleh karena itu anak kucing perlu memiliki anti bodi didalam badannya. Idealnya antibody anak kucing diperoleh dari induknya sendiri yaitu melalui air susu induknya. Kolostrum merupakan cairan yang dihasilkan dari putting susu induknya setelah induk kucing melahirkan anak selama 48 jam pertama. Kolustrum ini berwarna keputihan serta kental dan banyak mengandung protein anti bodi, vitamin dan bermacam nutrisi seperti immunoglobin, lactalbumin, lactoferrin, cytokine, glycoprotein dan lain-lain yang berkesan untuk melawan virus seperti alergi, bakteri dan toksin.



















Kolostrum memiliki manfaat yang sangat tinggi daripada susu dan sebenarnya kolostrum memberi bekal pembentukan imun untuk kekebalan tubuh sehingga bisa menjamin kesehatan kepada anak kucing anda yang baru lahir.
Tempo kekebalan antibody dari kolostrum sangat tergantung kepada jumlah antibody yang terdapat pada induk kucing, oleh karena itu jika jumlah antibody yang pada induk kucing sedikit, maka potensi kekebalan anak kucing juga sangat rendah. Antibodi dalam kolostrum juga dikenal sebagai antibody maternal. Antibody maternal yang terdapat dalam darah anak kucing akan berkurang sedikit demi sedikit memasuki minggu ke 6 sampai minggu ke 8.
Oleh sebab itu kucing anda dianjurkan diberikan vaksin pada umur 9 minggu agar anak kucing memiliki kekebalan antibody yang cukup untuk melawan infeksi penyakit dan selanjudnya barulah anak kucing di vaksin sesuai jadwalnya.