Kenali Ciri-ciri, Kelebihan dan Harga Kucing Maine Coon


Kucing Jenis maine coon, Kucing ras maine coon tergolong kucing besar, kucing ini memiliki ukuran panjangnya mencapai 1,5 meter dan berat badan bisa mencapai belasan sehingga Kucing ini sering disebut sebagai Giant Cats atau Kucing Raksasa. Sesuai namanya, ras ini berasal dari negara bagian Maine Amerika Serikat. Nama lain dari Maine Coon adalah American Longhair yaitu salah satu ras kucing alami dan tertua yang berasal dari Maine-Amerika Serikat. Kucing ras Maine Coon adalah terbentuk secara alamiah, Kucing ini juga dipercayai sebagai hasil silang antara kucing Anggora dan Norwegian Forest.
Sekarang ini, kucing Maine coon merupakan salah satu hewan kesayangan terpopuler di dunia sehingga garis keturunan maine coon telah tercatat secara resmi sebagai galur murni atau kucing Ras pure breed.

Kucing berbulu panjang ini berasal dari Amerika Utara, tepatnya di Pantai Timur sekitar wilayah Maine. Ukuran tubuhnya besar, hampir sama seperti kucing liar. Seekor kucing Maine Coon jantan bisa mencapai bobot 8 kg. kucing ini punya kebiasaan makan aneh. Asal mula kucing Maine Coon adalah hasil persilangan antara kucing liar dengan Raccoon (jenis musang  liar Amerika Utara, yang memiliki ciri bulu ekor tebal dan belang-belang. Maine Coon pertama kali diperkenalkan pada khalayak penggemar kucing, pada saat pameran kucing yang diadakan di New York dan Boston pada tahun 1861.

Ciri-ciri
Jika dibandingkan dengan ukuran kepala dan badannya, akan kelihatan tidak seimbang, karena kepalanya tampak lebih kecil dibanding ukuran tubuhnya yang besar. Bagian wajahnya tampak membentuk huruf V, karena tulang kepala lebar, tulang pipinya menonjol tinggi, dan tulang hidungnya membentuk segi empat.
Kucing Maine Coon dewasa memiliki leher dengan kulit yang menggelambir. Matanya besar, dengan ujung mata naik keatas. Warna mata Maine Coon ada yang hijau, biru atau kuning keemasan. Telinganya besar dan lancip, pada ujung telinga terdapat bulu yang lebih banyak.pada kaki  juga terdapat bulu yang lebih tebal. Tubuh tinggi besar, berbulu panjang dan tebal.

Sifat dan pemeliharaan Maine Coon
Kucing Maine Coon berwatak lembut, memiliki kecerdasan tinggi, suka berada didekat tuannya. Kucing ini sangat cocok sebagai hewan kesayangan di rumah. Yang membedakannya dengan kucing berbulu panjang lain adalah dia tidak suka dikurung di dalam kurungan yang kecil dan sempit karena kucing Maine Coon sangat lincah dan suka bergerak.
Selain memiliki sifat yang setia kucing Maine Coon juga memiliki kepandaian menangkap tikus yang luar biasa. Kalau boleh dibilang, kucing Maine Coon merupakan kucing yang paling pandai. Terkadang dia bisa mempergunakan kaki depannya untuk mengambil makanan atau batang kayu, atau pada saat bermain sendiri dan menghibur diri.
Seekor kucing Maine Coon dapat melahirkan 2-3 ekor anaknya. Perkembangan tubuh kucing Maine Coon lebih lambat dibandingkan jenis kucing lain. Kucing jenis ini akan terus bertumbuh sampai umur 3-4 tahun. Bulu kucing Maine Coon mudah diatur dan sebaiknya disisir secara teratur setiap minggu sekali.

Kelebihan
Ssalah satu kelebihan yang dimiliki oleh kucing Maine coon adalah Warna bulunya yang sangat indah dan dipadu dengan bulunya yang lembut seperti sutera membuat Maine Coon membuat kucing ini tampak anggun seperti bidadari. Kelebihan lainnya adalah kemampuan kucing Maine coon untuk bertahan pada cuaca yang dingin seperti salju dan musim  hujan

Harga Kucing Mine Coon
Berkisar antara 1,000,000 s/d 3.000.000