Kenali Ciri-ciri, Sifat dan Harga Kucing Abyssinian


Kucing Abyssinian
, yang juga dijuluki kucing kelinci (bunny cat), tercatat memiliki sejarah paling tua, diantara jenis-jenis kucing yang ada didunia. Sejarah mencatat keberadaan kucing Abyssinian sekitar 4.000 tahun yang lalu. Pada masa itu orang-orang menganggapnya sebagai hewan sakti,, karena merupakan kucing sakti milik seorang raja mesir kuno. Hal tersebut tercatat pada sebuah lukisan yang terdapat ditembok makam di mesir. Selain itu karena wajah kucing Abyssinian mirip wajah dewi kucing bangsa mesir kuno, “Bastet”. Nama Abyssinian sendiri adalah nama kuno dari negera Ethiopia.

Ciri-ciri
Seluruh tubuh kucing Abyssinian tertutup bulu yang indah dan anggun, memiliki gerakan yang lues. Sekilas, penampilannya mirip dengan kucing Siamese, tetapi kucing Abyssinian memiliki tubuh yang padat dan wajah yang bulat, daun telinga yang besar dan lebar, dan mata seperti almond dan juga gerakannya yang lemah gemulai. Selain itu bulu kucing Abyssinian memiliki ciri khas yaitu memiliki paduan warna antara gelap dan terang. Pada saat bulu digoyang menimbulkan nuansa warna yang memiliki perbedaan antara gelap dan terang. Meskipun kucing Abyssinian memiliki bulu pendek, tetapi terasa tebal, halus dan lembut bila diraba, dan pada dahinya terdapat marking bulu seperti huruf ‘M’.

Sifat
Kucing Abyssinian memiliki sifat pendiam, tidak suka mengeong, dan baru mengeluarkan suara, bila bertemu dengan orang yang tidak dikenal, terhadap pemiliknya sangat pengertian, dan terkadang juga mengeong manja pada majikannya untuk minta diperhatikan. Selain itu kucing Abyssinian juga memiliki sifat penurut, lucu, tidak suka merusak, suka menerima orang.

Penyakit yang sering menyerang kucing Abyssinian diantaranya adalah sakit pada gusi, dengan gejala mulut berbau, lalu terjadi infeksi pada gusi dan membuat giginya rontok. Jika hal ini terjadi, anda harus segera membawanya ke dokter atau klinik hewan.

Harga Kucing Abyssinian
Harga Kucing ini rata-rata berkisar antara 10-15 juta