Mengenal Lebih Dekat Hamster Roborovsky


Hamster Roborovsky adalah yang terkecil dan terlincah dari jenis Hamster peliharaan. Salah satu ciri khas yang membedakan Hamster Roborovsky dengan hamster lain adalah bintik putih di bagian alis matanya. Pada umumnya, mereka bisa mencapai umur sampai 3,5 tahun. Belum lama ini, sebuah mutasi tercipta dan menghasilkan penampilan seperti menggunakan topeng putih atau dikenal dengan sebutan “Husky” atau “White-mask”. 

Habitat asli dari Hamster Roborovsky cukup luas di sekitar Gurun gobi, mulai dari gurun stepa Mongolia sampai bagian utara Tiongkok. Jenis Hamster Roborovsky dikenal juga sebagai Hamster yang “hemat air” yang berarti mereka menggunakan air dalam tubuh mereka seefesien mungkin, karena lingkungan hidup mereka yang kering. Oleh sebab itu, urine mereka hanya berupa konsentrat, jadi mereka hanya mengkonsumsi sedikit tumbuh-tumbuhan. Dipadang gurun yang luas ini, mereka hidup didalam liang dengan kedalaman antara 60-200 cm dibawah tanah.

Nama Roborovsky diambil dari nama penemunya yaitu Letnan Vsevolod Roborovsky, yang pertama kali mencatat tentang keberadaan Hamster ini. Ia menemukan Hamster ini pada sebuah ekspedisi di bulan Juli 1894. Hamster Roborovsky cocok untuk hewan peliharaan begi pemula dan anak-anak, sebab jenis ini yang paling mudah dipelihara dibandingkan jenis Hamster lainnya. Mereka memiliki rasa keingintahuan yang besar, mudah terkejut dan pada umumnya penakut.

Hamster ini mencapai kematangan seksual pada umur 5 minggu, tetapi sebaiknya tidak dibiakkan dulu sampai mereka benar-benar dewasa. Betina tidak boleh dikawinkan sampai umurnya mendekati empat bulan, sedangkan jantan bisa dikawinkan pada umur 3 bulan. Waktu kehamilan biasanya 20-22 hari. Bayi yang dilahirkan biasanya sangat kecil dan berjumlah 4-6 ekor. Bayi hamster bisa disapih pada umur 21 hari, dan merupakan saat yang baik untuk memisahkan antara yang jantan dan betina. Hamster Roborovsky sangat social dan suka beristirahat dan tidur bersama-sama.