Kenali Ciri-ciri, Sifat dan Harga Kucing Exotic Shorthair


Asal mula Kucing Exotic Shorthair adalah pada tahun 1960. Pada waktu itu, banyak pembiak kucing yang berlomba ingin “menciptakan” jenis kucing yang mempunyai ciri khas Persian Cat yang memiliki bulu pendek. Para pembiak memilih Kucing American Shorthair dan  Kucing Persia untuk disilangkan, tetapi hasilnya kurang memuaskan, karena meskipun menghasilkan kucing berbulu pendek, tetapi badannya tidak sehat, dan ada beberapa yang lahir dengan membawa ciri sebagai orang menjuluki kucing ini dengan nama “kucing aneh”, malahan ada larangan untuk membiakkan kucing jenis baru ini. Setelah waktu yang panjang, jerih payah tak mengenal lelah dan diulag beberapa kali, dengan tetap menggunakan Kucing Persia dan kucing American Shorthair, pembiak akhirnya menghasilkan jenis kucing yang baru, yang diberi nama dengan Kucing Exotic Shorthair, yang di idamkan selama ini, berbadan sehat dan mempunyai kemiripan dengan kucing Persia.

Ciri-ciri Kucing Exotic Shorthair
Kucing Exotic Shorthair, selain masih keturunan kucing Persian, juga memiliki ciri khas bentuk badan yang bulat, raut wajah yang anggun dan eksotis, serta berbulu pendek. Di luar negeri, selain dijuluki “Garfield, juga banyak orang memberi mereka nama “Treddy Bear” atau “Persian Cat yang memakai baju tidur”.

Kucing Exotic Shorthair memiliki bulu yang tebal dan tegak, halus dan bersinar. Pada saat dipegang rasanya empuk, dan jika dibelai rasanya seperti kain beledru. Meskipun kucing Exotic Shorthair adalah jenis kucing berbulu pendek, tetapi jika dibanding dengan kucing berbulu pendek lainnya, bulunya masih lebih panjang sedikit.

Sifat-sifat Exotic Shorthair Cat
Kucing Exotic Shorthair mempunyai perpaduan sifat antara kucing Persia dan kucing American Shorthair. Sifatnya yang penurut, cara berjalan yang anggun, ramah, suka didekat orang dan lincah. Selain itu kucing Exotic Shorthair juga memiliki tatapan mata yang sayu, seperti tatapan mata Garfield, sehingga tampak seperti seekor kucing yang malas.

Harga Kucing Exotic Shorthair Cat
Kucing ini rata-rata dibandrol dengan harga Rp 1,500,000-3,000,000