Inilah Ciri-ciri Anjing Golden Retriever yang Perlu Kamu Ketahui


Anjing Golden Retriever
 adalah jenis trah yang awalnya dikembang biakkan sebagai anjing berburu yaitu untuk mengambil burung hasil buruan yang sudah ditembak oleh pemiliknya. Anjing trah ini termasuk jenis Retriever atau pengambil yang menemukan atau mengambilkan burung air atau unggas liar untuk pemburu. 

Anjing trah Golden Retriever juga sering disebut dengan anjing berhati emas, dengan penampilan glamour dan selalu ceria ini telah menjadi sahabat manusia yang terpopuler di dunia. Kecerdasan yang dimilikinya membuat trah ini mudah dilatih sebagai anjing serba bisa. Sebagai teman berburu, penuntun orang buta, pembantu penyandang cacat tubuh, bahkan sebagai anjing terapi. Selain itu, trah ini juga banyak mengukir prestasi dalam berbagai kompetisi, seperti Field Trials, Working Trial, Agility dan Obedience. Kecantikan Golden Retriever juga menjanjikan sebagai anjing show.


Tempramen :
Anjing Golden Retriever merupakan anjing yang bersahabat, mudah dilatih, sabar dan lembut dengan anak-anak, menyenangkan, cerdas dengan pesona yang besar. Anjing Golden Retriever mempunyai sifat   diri dan setia, mereka adalah golongan anjing keluarga yang sangat populer. Energik dan penuh kasih, anjing Golden Retriever menikmati saat-saat menyenangkan dengan pemilik mereka, sehingga latihan kepatuhan bisa sangat bermanfaat. Anjing ini juga lebih unggul dalam kompetisi, bersahabat dengan anjing lainnya, termasuk orang disekitarnya. Anjing Golden Retriever mempunyai sedikit naluri penjaga. Biarpun anjing ini bukan tipe anjing penyerang, anjing Golden Retriever dapat menjadi pengawas yang baik, karena dapat membemberi sinyal yang kuat jika ada orang asing. Anjing ini butuh orang di sekitar yang menampilkan kepemimpinan untuk menjadikannya bahagia. Anjing Golden Retriever dapat menjadi sensitive dan destruktif, periang berlebihan dan mudah bosan jika ia kurang dalam latihan mental dan fisik. Anjing ini juga memiliki bakat pelacakan, berburu, pendeteksian narkotika, pengambilan (Retriever), kelincahan (Agility), ketaatan kompetitif, dan melakukan aksi trik. Anjing Golden Retriever juga cenderung suka bermain dengan air seperti berenang.

Penampilan umum
Golden Ritriever adalah anjing trah yang memiliki karekteristik sempurna. Postur tubuh seimbang, kuat dan berukuran tubuh medium.

Tengkorak:
Moncong berukuran panjang medium, yang serasi dengan kepala.

Hidung:
Hidung berwarna hitam.

Gigi:
Mata berwarna coklat tua dengan lingkar mata hitam.

Telinga:
Telinga Golden Ritriever berukuran medium, yang jatuh di sisi kepala.

Bulu:
Anjing Golden Ritriever memiliki bulu yang berwarna keemasan (Golden), bergelombang yang panjang, menutupi bagian-bagian tertentu seperti dada, kaki, paha, perut dan ekor bagian bawah.

Warna bulu:
Warna bulu Golden Ritriever memberikan nuansa keemasan bila diterpa sinar matahari. Oleh sebab itulah anjing trah inni diberi nama Golden Ritriever. Tetapi tingkat kegelapan warnanya sangat beragam, mulai dari yang nyaris putih (broken white), sampai coklat kemerahan seperti warna tembaga.

Tinggi/ Berat
Tinggi edeal: jantan: 23-24 inci (57,5-60 cm); betina 21,5-22,5 inci (53,75-56,25 cm), diukur dari bahu tepat di belakang leher. Jarak dari tulang dada terdepan ke titik paling belakang pada pantat, sedikit lebih panjang dari tinggi. Perbandingan panjang dengan tinggi anjing adalah 12:11. Anjing jantan memiliki berat sekitar 65-75 pon (29,5-34 kg), sedangkan anjing betina memiliki berat sekitar 55-65 pon (24,9-29,5 kg).

Diskualifikasi:
Segala sesuatu yang menyimpang dari standarisasi yang ditetapkan di atas. Anjing Golden Ritriever memiliki igitan yang undershot atau overshot. Agresivitas berlebihan, seperti mau menyerang orang atau anjing lain.