Cara Memandikan Kucing

Cara Memandikan Kucing

Setiap kali sebelum memandikan kucing di rumah, terkadang timbul kekhawatiran kucing bisa mencakar atau menggigit anda? Padahal, kalau tindakan dan perlakuan anda benar dalam memandikan kucing yang anda sayangi, selain bisa menjaga kebersihan, juga bisa menambah rasa sayang anda pada kucing itu dan tidak khawatir lagi untuk memandikan kucing.
Berikut ini adalah cara-cara memandikan kucing yang benar:
  1. Sebelum mandi, tekan telapak kaki kucing (jangan terlalu keras), supaya cakar terdorong keluar, lalu digunting dibagian kuku yang putih.
  2. Gerakan anda harus sangat hati-hati, jangan sampai menggunting bagian daging (pembuluh darah kucing yang ada didalam cakar).
  3. Gunakan cotton butt dan baby oil untuk membersihkan telinga kucing, serta harus diperhatikan agar gagang kapas tidak sampai jatuh ke dalam teliga.
  4. Perhatikan juga telinga bagian dalam harus dibersihkan.
  5. Memakai sisir yang bersih untuk menyisir bulu kucing bagian dalam, supaya bulunya bisa bersih dan lurus.
  6. Yang harus kita perhatikan, bulu yang susut harus disisir sampai lepas, dengan gerakan yang sangat lembut dan hati-hati, jangan sampai menyakiti kucing.
  7. Bagin ketiak kucing jangan sampai dilupakan, karena dibagian ini banyak bulu yang kusut.
  8. Bulu kepala juga harus disisir dengan rapi.
  9. Shampoo harus dimasukkan dulu kedalam bak, diratakan, barulah kucing kecil dimasukkan kedalam bak.
  10. Sambil memandikan, jangan lupa membelai kucing supaya tidak takut dan bersikap tenang.
  11. Untuk membersihkan bagian telinga, harus dilakukan dengan hati-hati dengan menggunakan sabun cair.
  12. Kebersihan dibagian muka juga sangat penting, pakailah sedikit sabun cair dengan lembut untuk membersihkan wajah kucing.
  13. Waktu mandi pijat tubuh kucing dengan lembut, supaya kucing tidak merasa tegang. Selain itu, jika anda khawatir tidak bisa mengendalikan si kucing, anda bisa minta bantuan teman atau saudara serumah untuk membantu.
  14. Kucing yang belum dikebiri, dibagian ekor biasanya banyak minyak, dan harus dibersihkan.
  15. Selanjudnya bisa dimulai untuk membilas. Sebelum membuka shower, mohon lebih dulu memakai air yang alirannya kecil, untuk menghindari semprotan yang tiba-tiba dan bisa membuat kucing terkejut dan ketakutan.
  16. Sesudah seluruh badan dikeringi sampai bersih memakai kain yang kering, bersihkan sisa air tubuh, setelah itu boleh memakai kipas.
  17. Sebelum mengeringkan dengan hair dryer, sebaiknya hati-hati untuk kucing yang baru pertama kali anda mendikan, karena sebagian biasanya masih takut dengan suara hair hryer. Untuk itu harus ada orang lain yang mendapingi.
  18. Sesudah bulu kucing kering, selanjudnya anda bisa menyisir bulunya. Bulu dibagian ketiak juga harus disisir dengan hati-hati, karena dibagian ini bulu-bulu kucing sangat mudah kusut. Anda harus teliti dan hati-hati.
  19. Bagian wajah harus disisir menggunakan sisir kutu, lalu menata bulu-bulu kucing. Setelah ini seluruh pekerjaan memandikan kucing sudah selesai.selamat mencoba!


Share on: Facebook Google+

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top