Cara Merawat Kenari Mabung

Kali ini saya akan menyampaikan informasi tips cara merawat kenari mabung. Mabung, molting, atau disebut juga ngurak adalah proses alami pergantian bulu pada burung yang ditandai dengan bulu bulu yang rontok.Setiap burung termasuk burung kenari pasti akan mengalami molting atau mabung ini. Ini adalah siklus normal pada burung. Selama proses mabung, kenari membutuhkan banyak asupan energi dan vitamin, terutama protein. Protein sangat dibutuhkan oleh kenari yang sedang mabung sebanyak minimal seperempat dari total protein dalam tubuh kenari. Asupan protein diperlukan agar kenari dapat menghasilkan bulu baru yang lebih bagus. Jika merawat kenari mabung maka proses mabung berikutnya akan memberikan efek yang bagus bagi kenari itu sendiri.

Proses mabung kenari yang perlu diperhatikan:
1. Proses mabung pertama kenari
Terjadi ketika kenari sudah memasuki umur sekitar 3 sampai 4 bulan. Yaitu ketika kenari melalui masa perubahan dari bulu kenari anakan menjadi bulu kenari dewasa. Bulu kenari anakan akan diganti dengan bulu kenari dewasa yang warnanya lebih kuat, lebih mengkilap, dan stabil. Proses pertumbuhan bulu kenari ini biasanya diawali dari dada, kemudian bahu, kepala, leher bagian belakang, punggung, dan diakhiri dengan tumbuhnya bulu bulu besar di bagian ekor dan sayap. Pada umumnya burung kenari ini mengalami proses pergantian bulu kurang lebih selama 8 mingguan. Sehingga biasanya kenari pada usia 5 sampai 6 bulan proses mabung sudah selesai dengan sempurna.
Faktor faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya pertumbuhan bulu yaitu dari asupan makanan yang mengandung protein, vitamin, mineral, air, dan paparan sinar matahari. Jika burung kenari  lambat rontok bulunya maka proses pergantian bulunya juga lambat. Kenari yang proses pergantian bulunya lambat harus diwaspadai, kemungkinan kenari tersebut kesehatannya terganggu.

2. Proses mabung kedua
Proses mabung berikutnya terjadi pada waktu kenari memasuki umur satu tahun. Biasanya pada proses pergantian bulu kedua ini kondisi kenari terlihat lebih parah daripada proses mabung pertama. Pada saat mabung kedua kenari jantan hampir tidak pernah berkicau. Baik kenari jantan maupun kenari betina hampir seperti kehilangan birahinya. Nafsu makan berkurang drastis dan lebih suka mengais ngais bulunya dan sangat suka berjemur. Bulu kenari rontok berawal dari bulu bulu besar pada sayap dan ekor. Bulu yang rontok pada mabung kedua ini berlangsung selama 1 sampai 2 bulan lalu bulu akan pulih kembali dalam 1 bulan.

3. Proses mabung ketiga
Pada proses mabung ketiga tidak tentu tergantung pada cara merawat dan memelihara. Paling cepat bisa 9 sampai 10 bulan setelah mabung kedua.

Cara merawat kenari mabung sangat mudah. Kuncinya ada pada ketelatenan kita saat merawat kenari dan kita harus tahu apa yang wajib dilakukan dan tidak boleh. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara merawat kenari mabung :
  • Tempatkan kenari di tempat yang tenang, jauh dari keramaian orang dan binatang seperti tikus, kucing, anjing, dan sebagainya.
  • Sangkar burung kenari sebaiknya dikerodong agar suhu menjadi stabil dan kenari dapat fokus dan tenang ketika sedang mabung.
  • Tingkatkan porsi makanan karena pada proses mabung dibutuhkan suplai protein , vitamin, dan energi yang lebih banyak daripada biasanya.
  • Jemur kenari setiap pagi selama 20 sampai 30 menit.
  • Bersihkan sangkar setiap sesudah dijemur
  • Berikan Ebood Breeding 3 kali seminggu untuk menghindari kekurangan nutrisi seperti methiolin,lysine, dan triptophan yang bermanfaat membantu pembentukan bulu.
  • Berikan makanan ekstra alami berupa sayuran misalnya sawi, gambas, timun, dan selada, serta buah buahan misalnya apel, anggur, dan pir.
  • Berikan grit agar sistem pencernaan menjadi lancar dan agar kebutuhan kalsium yodium terpenuhi sehingga tulang dan bulu kenari dapat terbentuk dengan baik.
  • Mandikan kenari seminggu sekali dengan shampo yang dapat membunuh kutu dan kuman. Pilihlah shampo yang mengandung Aloevera yang bagus untuk perkembangan bulu.
Itulah tips cara merawat kenari mabung, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk para pecinta burung terutama burung kenari.