Kucing dan Toxoplasmosis

Baru-baru ini , ada sebuah laporan yang diterbitkan oleh Arch Gen Psychiatry , menuding " Infeksi Toxoplasma gondii sebagai pembunuh kaum ibu" itu merupakan contoh dari jurnalisme buruk yang merajalela di internet.

Studi tentang Toxoplasma gondii
Penelitian yang sebenarnya tidak menunjukkan bahwa kucing adalah sebagai pembunuh kaum ibu. Justru , penelitian lain menunjukkan sebaliknya , bahwa kucing dan hewan peliharaan lainnya baik untuk diri kita , karena dengan ada hewan peliharan dapat menurunkan tekanan darah , membantu kita sembuh dari masalah kesehatan dan mengurangi stres.  Termasuk perempuan dan anak-anak , yang mungkin selama ini memiliki manfaat dari memelihara kucing bisa dirugikan dari jurnalisme yang tidak akurat.

Fakta tentang Toksoplasmosis
Yang benar adalah bahwa telur Toxoplasma gondii hidup dalam saluran pencernaan kucing yang sakit akibat terserang penyakit Toxoplasmosis, sedangkan kucing yang tidak sakit. relatif tidak menyebarkan penyakit ini. Jadi selama kucing kita dalam keadaan sehat, peluang tertular infeksi Toxoplasmosis dari kucing ke ibu itu sangat tipis.  
Selain itu ,setelah kucing buang air besar,  telur toksoplasmosis butuh waktu setidaknya 24 jam untuk bisa menular ke manusia, jadi jika pemilik kucing mau membersihkan kotak kotoran setiap hari ,maka potensi terinfeksi Toxoplasmosis itu sangat kecil. Artinya, untuk menjadi terinfeksi Toxoplasmosis tangan Anda harus memegang kotoran kucing dan kemudian anda makan tanpa mencuci tangah terlebih dahulu. Saya tidak tahu tentang Anda , tapi saya selalu mencuci tangan segera setelah membersihkan litter box.

Bantuan Memerangi Toksoplasmosis
Jurnalisme buruk itu seharusnya membantu orang-orang terutama wanita hamil untuk mendapatkan kekebalan tubuh (vaksin) supaya terhindar dari infeksi Toxoplasma gondii. Tapi kenyataannya mereka hanya mampu menakut-nakuti orang tanpa memberitahu mereka bagaimana untuk mencegah infeksi Toxoplasmosis .
Padahal fakta di lapangan justru orang-orang lebih besar potensi terinfeksi tokxoplasmosis setelah mereka memegang daging mentah, dan membersihkan semua barang-barang dapur yang bersentuhan dengan daging mentah selama proses persiapan makanan. Dan juga begi mereka yang berkebun memegang tanah langsung dengan tangan telanjang.

Maka sangat sederhana, untuk mencegah terinfeksi Toxoplasmosis adalah mencuci tangan dengan air sabun setelah bersentuhan dengan alat atau benda-benda yang punya potensi tertularnya Toxoplasmosis seperti litter box kucing, daging mentah dan tanah.