Cara mengangkat Kelinci yang benar

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa cara mengangkat kelinci adalah dengan memegang kedua telinga kelinci atau kedua kaki kelinci. Dalam memelihara kelinci, perhatikan juga cara mengangkatnya. Hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlakuan yang salah bisa menimbulkan hal-hal yang merugikan, seperti cacat permanen dan rusaknya pembuluh darah. Kebanyakan orang mengangkat kelinci dengan memegang kedua telinganya.

Memang cara ini paling mudah, tapi sebernanya salah besar. Karena telinga kelinci sangat sensitif dan tidak kuat untuk menahan berat badannya sendiri. kalau cara ini dilakukan, otot dan syarag telinganya akan rusak. Keusakan akan lebih parah lagi kalau kelinci yang diangkat meronta-ronta. Posisi kepala akan menjadi miring, sehingga kelinci akan cacat seumur hidupnya.



Untuk mengangkat kelinci besar, pegang kulit tengkut atau punggung dengan salah satu tangan. Begitu terangkat, tangan yang satu digunakan untuk mendukung bagian pantat. Kerjakan pengangkatan itu dengan tenang dan penuh kasih sayang. Adapun untuk kelinci yang masih kecil, proses pengangkatan dapat dimulai dengan memegang bagian sebelah depan kaki belakang melalui punggung, dan proses selanjudnya sama dengan kelinci dewasa.