Distokia pada Anjing dan Kucing

Untungnya, distokia pada anjing sangat rendah tetapi sewaktu kasus ditemukan adalah penting bahwa pengambilan keputusan dan manajemen dibuat berdasarkan pengetahuan dasar mengenai kelahiran normal dan abnormal. Pengetahuan obstetrik dari pemilik hewan kecil sangat bervariasi. Seorang peternak yang kurang berpengalaman tidak pernah menyaksikan proses kelahiran dan tidak benar-benar memahami tentang apa yang terlibat. Seorang peternak yang berpengalaman menyaksikan banyak kelahiran dibandingkan dokter hewan ahli bedah yang datang. Banyak informasi dapat diperoleh dari peternak, tetapi yang lain mungkin sudah lama mempunyai pemahaman salah yang serius mengenai proses kelahiran. Ide dan pandangan seperti ini secara diplomatis dapat diacuhkan dan bila mungkin diperbaiki.

Kebanyakan kerja dokter hewan masih bersifat “memadamkan kebakaran” dengan induk parturien baru kelihatan sewaktu konsultasi kedaruratan. Jelas hal ini tidak memuaskan dan dengan pengetahuan kasus sebelumnya banyak masalah dapat diatasi dan dicegah. Walaupun sulit untuk membenarkan standar tingkat perawatan antenatal seperti pada manusia, praktek hewan kecil dan kuda tetap menawarkan beberapa tingkat perawatan antenatal.

Pada beberapa kasus, hubungan pertama kali terjadi ketika anjing atau kucing didatangkan untuk diagnosa kebuntingan tetapi saran mungkin diminta pada tahap awal berkaitan dengan perkawinan dan persoalan lainnya.