Ayam hias

Ayam hias terdiri dari berbagai jenis dengan aneka ukuran badan dan warna bulu. Ayam ini umumnya tidak dipotong sebagai unggas penghasil daging ataupun telur. Jenis ini lebih cocok dipelihara sebagai hewan kesayangan karena memiliki warna bulu, suara dan bentuk badan yang sangat menarik. Jenis-jenis ayam hias yang paling populer antara lain:

1. Ayam katai


Ayam katai merupakan ayam yang berukuran kecil atau mini. Selain ukurannya yang mini, perpaduan warna dan kelincahan ayam katai menjadi daya tariknya. Beberapa jenis ayam katai yang populer adalah sebagai berikut:
  • Katai bangkok. Daya tarik ayam katai bangkok terletak pada bulunya yang tebal, panjang, lentur, dan memiliki warna yang beragam. Daya tarik lain adalah ekornya tidak memiliki ekor.
  • Katai batik italia. Warna bulunya istimewa, yaitu berwarna dasar putih keperakan atau krem kekuningan dengan garis hitam pada setiap ujung bulu sehingga tampak seperti motif batik yang tergambar dengan rapi. Keistimewan lain terletak pada paruh, kuku, dan tajinya yang berwarna putih ke abu-abuan.
  • Katai batik kanada. Jengger bewarna merah segar, berbentuk mawar dan bergerigi. Sepasang pial yang menggantung berwarna merah, sedangkan cuping telinga berukuran kecil dan berwarna putih kemarah-merahan. Paruh kecil, pendek, dan runcing, serta berwarna putih tulang kekuningan. Kaki dan jari berwarna merah sangat pucat. Bulu ekor mengembang dan melengkung keatas sampai menyentuh jengger. Sepasang sayapnya panjang dan menggantung sampai terseret di tanah.
  • Katai serema. Ayam katai serema merupakan ayam katai jenis baru yang berasal dari malaysia. Dadanya membusung dengan kepala dan leher ditekut ke belakang membuat tubuhnya terlihat membentuk huruf “S”. Ekornya lurus, tegak mengembang hingga menyentuh kepala.
  • Katai sutera. Ayam katai sutera berasal dari inggris. Sesuai dengan namanya, ayam katai sutera mempunyai bulu putih, kecil dan lembut seperti sutera. Jengger berbentuk mawar, kecil, dan berwarna merah segar. Sepasang pial kecilnya menggantung dibawah rahang dan mempunyai warna putih belang ungu. Cuping telinga kecil berwarna merah kecoklatan. Paruh kecil, pendek, lebar dan berwarna kuning.
2. Ayam bekisar


Ayam bekisar merupakan hasil persilangan antara ayam hutan hijau jantan dengan ayam kampung betina.