Teknis Beternak Burung Kenari

Teknis beternak burung kenari sangat penting mengingat saat ini burung kenari semakin di gemari dan diburu oleh para penghobi sehingga keberadaan burung kenari sekarang sengat langka dan harganya pun sampai jutaan rupiah, sehingga langkah untuk melakukan budi daya atau beternak burung kenari merupakan prospek yang paling menjanjikan sekarang ini. Namun usaha ternak burung kenari tidak lah gampang. Dibutuhkan ketelitian dan kejelian dalam menjalankan usaha ternak burung kenari. Dalam hal ini ada beberapa langkah yang harus diperhatikan bila anda serius ingin beternak burung kenari.

Lokasi Usaha
Langkal awal persiapan tempat atau lahan, dalam hal ini dibutuhkan lahan yang luas dan lingkungan yang bersih karena burung kenari sangan sensitif terhadap lingkungan yang kotor.

Kandang
Langkah selanjudnya adalah membuat kandang atau sangkar, kandang sebaiknya yang tertutup tetapi memiliki ventilasi udara yang bagus sehingga burung kenari tidak kepanasan. Dan sebaiknya usahakan letak kandang jauh dari keramaian masyarakat supaya saat kenari bertelur tidak merasa terganggu.

Memilih bakalan
Untuk bakalan kenari Jantan yang bagus adalah yang masih berumur lebih kurang 8 bulan karena pada umur 8 bulan reproduksi kelamin jantan sudah matang sehingga siap untuk kawin. Sedangkan bakalan kenari betina atau indukan yang bagus adalah berumur 6 bulan. Untuk membedakan kenari jantan dengan betina biasanya kenari jantan lebih umur 1 bulan lebih sudah rajin berbunyi sedangkan kenari betina biasanya tidak berbunyi. Kalau perbedaan dari struktur tubuh, kenari jantan lebih langsing dan panjang, sedangkan kenari betina terlihat agak bulat.

Perkawinan
Pada tahap perkawinan, ada berbagai macam cara mengawinkan indukan.
Ditempatkan pada sangkar yang telah didesain khusus yang ditengahnya ada sekat pembatas sehingga burung bisa saling mengenal selama beberapa hari, tujuannya supaya kenari betina tidak berkelahi sebelum saat minta kawin,
Langsung disatukan dengan catatan kenari betina sudah benar-benar siap dikawinkan.  Kemudian siapkankanlah tempat untuk kenari betina menngeram telurnya, biasanya dipasaran juga tersedia serabut untuk tempat mengeram, anda bisa menyediakanya dengan cara anda buat sendiri kemudian bulatkan dengan memakai lampu bohlam biar terlihat alami atau dengan cara alami kita siapkan di dalam sangkar / box kalau dengan cara alami ini biasnya si indukan mengambil sendiri dan dianyam sendiri oleh si indukan di tempat yang telah kita siapkan. Bisanya peran si betina lebih besar daripada kenari jantan, setelah perkawinan tidak lama kemudian si betina akan bertelur. Telur burung kenari terdiri dari 1 sampai 6 butir.

Proses Pengeraman
Pada masa pengeraman biasanya burung kenari butuh waktu 12 sampai 14 hari tergantung cuaca dan suhu juga. Disarankan anda memakai lampu 5 watt di dalam sangkar tempat bertelur supaya suhunya lebih hangat. Setelah lebih kurang 13 hari mengeram telur akan menetas satu per satu biasanya berselang sehari sampai semuanya menetas, pada saat itu sebaiknya kenari jantan di pisahkan dari Indukan supaya induk kenari lebih fokus merawat anaknya.

Pemberian Pakan

Menyangkut dengan pakan, kenari sebenarnya pakannya tersedia di pasar dan harganya juga relatif murah. Pakan kenari biasanya berupa biji khusus yang ada di Petshop, sedangkan untuk pakan tambahan bisa diberi sayuran dan buah-buahan seperti sawi, wortel, timun, kangkung, pear dan melon. Dan untuk fuding bisa diberikan telur atau kroto  selama 2 minggu sekali.

Demikian teknis beternak burung kenari, selamat mencoba!