Tips Mengajak Kucing Jalan-Jalan


Anda bisa membayangkan sebuah akhir pekan yang indah, bersama dengan orang-orang dan hewan yang anda cintai. Jauh dari kebisingan, disebuah tempat yang sejuk dan berpemandangan indah. Dan sekarang, bayangkan sedang berjalan-jalan bersama hewan kesayangan anda, yang berjalan dengan gembiranya disamping anda disebuah taman yang luas, dan hewan itu adalah KUCING kesayangan anda. Sepertinya, hal itu menjadi pemandangan yang kurang lumrah atau wajar, tetapi belakangan ini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat pecinta kucing di Amerika Serikat.

Seperti halnya anjing, kucing ternyata sangat suka diajak berjalan-jalan dengan orang yang dicintainya. Dan agar kucing tidak kikuk pada saat diajak berjalan-jalan dengan menggunakan pengikat, sebaiknya dibiasakannya sejak dini. Yang penting, kucing harus dibiasakan menggunakan pengikat, karena biasanya smua jenis kucing tidak suka menggenakan sesuatu yang berbau rantai atau pengikat dan benda-benda yang membuatnya tidaknyaman.

Untuk itu, dibuat suatu jenis pengikat untuk berjalan-jalan, yang diberi nama “Walking Jacket”. Walking Jacket ini memang didesain khusus untuk kucing, dan sekilas mirip dengan pelana yang dikenakan pada kuda. Walking Jacket ini dibuat dari bahan nilon tenun yang lembut, lentur, dan kuat, serta dilengkapi dua pengait untuk rantai. Selain itu, disain dari Walking Jacket ini juga memberikan sirkulasi udara yang baik dan ruangan untuk bernafas bagi kucing, sehingga tidak membuatnya merasa kegerahan atau kepanasan, meski digunakan untuk waktu yang cukup lama.

Kegunaan dari jeket ini agar membuat kucing merasa nyaman, kerena kucing mudah terkejut. Jika kucing merasa tidak nyaman menggunakan jaket ini, dia akan berusaha melepaskan diri dengan cara menggigit jaket ini. Agar hal tersebut tidak terjadi, anda harus mengajari dan membiasakan kucing mengenakan Walking Jacket ini. Untuk mengajari kucing, harus sabar dan tekun, dan jangan sekali-kali memarahi atau memaksa kucing untuk mengenakannya, karena hanya membuatnya takut kepada anda. Oleh karena itu sebaiknya mengajarkan kucing menggunakan Walking Jacket pada umur 6-7 bulan. Dan jika kucing sudah dikebiri, ini akan meningkatkan konsentrasi dan mengurangi keinginannya untuk melepaskan diri.