Cara Memandikan Anjing

Seluruh badan anjing disiram air hangat dengan suhu 40 derjad celcius. Mandikan dengan menggunakan shampoo anjing berkualitas baik. Belailah bulu anjing anda dengan lembut. Pada saat ini, yang harus anda perhatikan yaitu jangan sampai shampoo masuk kedalam mata atau telinga anjing. Kalau seluruh tubuh banyak sabunnya, pantatnya harus ditekan menggunakan air panas dan sisemprot, dan gunakan kain yang lembut untuk menggosokkan sampai bersih. Lalu telinganya ditiup, supaya anjing mengibaskan tubuhnya, lalu pakai handuk untuk mengeringkan tubuhnya.
Setelah itu kita bisa memakai hair dryer, supaya bulunya benar-benar kering, dan memakai obat mata untuk membersihkan matanya. Bersihkan kotoran dan air yang ada didalam telinga, dengan memakai jepit yang diberi kapas. Kalau didalam telinga masih ada sedikit air, biasanya bisa menyebabkan infeksi telinga, biarpun didalam telinga jangan sampai ada bulu, tetapi juga tidak bisa dicabut sampai habis. Bulu yang ada di ujung kaki harus digunting sampai bersih, juga bulu yang ada diantara jari kaki. Menurut jenis anjing, anda harus membersihkan kumis dan bulu yang ada di ujung telinga. Untuk menggunting kuku, anda memakai kikir kuku, supaya bulu yang lancip menjadi bulat. Bulu diseluruh tubuh harus disisir  sampai rapi. Untuk anjing berbulu panjang seperti Shih Tzu, bulu diatas kepalanya boleh diikat menjadi satu dengan pita, lalu ditaburi minyak wangi.
Kalau anda ingin membersihkan kotoran yang ada di gigi, sebaiknya dilakukan pada waktu sebelum mandi. Kalau anjing anda sedang tidak bersemangat, tubuhnya kelihatannya kurang sehat atau sesudah melahirkan, jangan memaksanya untuk mandi. Tetapi, jika bulunya sudah benar-benar kotor, sehingga kurang sedap dipandang, anda bisa menggunakan handuk yang dibasahi air panas dan diperas. Gunakan handuk hangat ini untuk mengelap tubuhnya sampai bersih. Selamat Mencoba.

0 komentar :

Total Pageviews