4 Tips Melatih Anjing

Banyak orang menjadikan anjing sebagai sahabat yang menyenangkan. Jika anda memelihara anjing di rumah, itu artinya anda memiliki tanggung jawab terhadap yang besar. Jika anjing tidak dilatih dengan benar, maka anjing tersebut hanya bisa mendatangkan malapetaka pada kehidupan anda di rumah. Ajing perlu di latih sehingga mereka tahu batas mereka dan apa yang diharapkan oleh tuannya.
Menurut pelatih Erica Curtis , CPDT , Anda harus memilih anjing yang tepat untuk keluarga Anda . Pertimbangkan tingkat kesibukan di rumah Anda ketika memilih anjing sempurna Anda , terutama jika Anda memiliki anak di bawah usia lima tahun . Sebagai Pelatih, Curtis mengatakan , " Jika Anda tidak punya waktu untuk mempelajari dan melatih anjing Anda , sebaiknya anda menunggu kapan waktu keluarga anda siap untuk memelihara anjing. Daripada anjing yang anda pelihara hanya dapat membawa malapetaka begi keluarga anda sendiri.
Jika anda sudah siap untukmemelihara anjing di rumah untuk menjadi bagian dari keluarga anda , " pilihlah teknik pelatihan yang paling baik , latihlah anjing anda selembut mungkin, jangan pernah sekali-kali berlaku kasar terhadap anjing, baik secara mental maupun fisik , dan selalu menggunakan alat yang disukai anjing seperti  makanan , berilah pujian dan hadiah berupa mainan, makanan setiap mendapatkan hasil yang anda inginkan.
Ada segudang medote tentang untuk melatih anjing, sementara metode yang berbeda atau kombinasi metode akan terbukti sangat efektif untuk anjing yang berbeda.
inilah tips pelatihan anjing yang akan membantu anjing Anda menjadi anggota keluarga yang sempurna.

Latihan duduk
Perintah ini sangat penting untuk membantu anjing belajar kontrol impuls . Cara paling mudah untuk mengajarkan duduk adalah dengan menahan dan menekan secara lembut pada hidung anjing untuk membimbing anjing duduk sambil memerintah “duduk”. Setelah anda berhasil membimbing dia, berilah pujian dan hadiah berup sedikit makanan untuk anjing kesayangan anda. Setelah beberapa kali anda membimbing dia, kemudian mulailah memerintah dia duduk” tanpa anda bimbing, dan mulailah menghapus pemikiran anjing terhadap iming-iming makanan dari tangan Anda . Jika tidak, anjing Anda hanya akan duduk jika Anda menunjukkan padanya Anda memiliki makanan untuknya . Perintah ini adalah kunci untuk mengajar anjing Anda untuk tidak melompat sembarangan kepada orang-orang yang dia temui.

Latihan Mendekat
Mengajarkan anjing  datang mendekat adalah untuk menjaga anjing anda tetap dalam kondisi aman, terutama jika ajing tidak memiliki tali di leher. Caranya, jika Anda memanggil anjing untuk mendekati anda pancing dia dengan makanan dan jangan sekali-kali anda mengikatnya pada waktu itu karena akan menimbulkan anggapan pada anjing bahwa anda mau menyekap dia apalagi anjing sedang asik bermain dengan temanya.
Untuk mengajarkan perintah ini , berdirilah di samping anjing, kemudian katakan “come here” misalnya sambil memperlihatkan makanan pada tangan anda. Begitu dia datang, mulailah berlari supaya anjing mengejar anda. Ketika dia mendapati anda, berilah pujian dan makanan supaya dia senang. Ulangi latihan ini sampai beberapa kali sampai anjing anda mau mendatangi anda bukan karena ada makanan.

Latihan Berbaring
Latihan itu penting supaya anjing anda tidak mengemis makanan di meja makan keluarga anda, perintah berbaring  digunakan disaat dia dikasih makan pada tempat yang telah ditentukan, mengirim berkaki empat teman Anda ke tempat yang telah ditentukan di rumah anda, atau ketika. Mulailah dengan membawa anjing Anda ke tempat yang telah diputuskan, seperti  tidurnya . Secara konsisten menggunakan perintah yang sama , misalnya “berbaring. Ketika anjing Anda berbaring , berikanlah pujian dan sedikit makanan supaya dia senang.
 Terus ulangi latihan ini , hingga anjing anda tetap mau berbaring hingga waktu yang anda tentukan dan membangunkan kembali disaat anda pingin dia berdiri.

Latihan supaya Anjing tidak Berbelok
Mengajak anjing Anda untuk jalan-jalan penting bagi kesehatan mental dan fisiknya . Tapi anda tidak akan nyaman ketika memiliki anjing yang suka berbelok ke tempat yang tidak anda inginkan. Disini sangat penting jangan sampai anjing yang memegang kendalinya, terutama ketika ada tumpukan sampah yang menanti di pinggir jalan sehingga dapat merangsang anjing anda untuk berbelok ke tempat sampah tersebut, dan itu wajar bagi ajing kerena ia sangat penasaran terhadap bau.
Untuk menghindari itu, hal pertama yang harusanda lakukan adalah kendalikan anjing dengan sering menarik pada kalung anjing supaya dia  mengetahui arah keinginan karena anjing lebih kuat larinya daripada kita. Oleh karena itu, aturan pertama adalah untuk memastikan anjing Anda mendapatkan latihan yang cukup. Ketika pelatihan anjing Anda untuk tidak menarik tali nya , berjalan dengan langkah cepat . Jika anjing Anda menarik , segera berhenti berjalan dan tariklah dengan ketat. arahkan anjing Anda kembali ke sisi Anda dan memberikan perintah duduk. Ulangi sesuai kebutuhan sampai anjing mau berjalan disampiing anda tanpa menarik.


Demikian 4 tips cara melatih anjing, selamat mencoba semoga bermanfaat.