Kucing Ras Asli Indonesia















Indonesia juga mempunyai satu ras kucing asli. Kucing ini berkembang biak disebuah pulau kecil bernama Raas, yang terletak disebelah timur pulau Madura.
Kucing Raas mempunyai bentuk tubuh yang menyerupai macan tutul. Saat ini telah diketahui dua warna yang sering terdapat pada kucing Raas, yaitu: buso dan kecubung.

Buso adalah bahasa setempat untuk warna abu-abu, seperti yang terdapat pada ras Rusian Blue atau British Shorthair, sedangkan kecubung adalah istilah yang diberikan bagi kucing yang berwarna cokelat.
Diperlukan pengembangbiakan kucing yang ketat dan terencana untuk menghilangkan atau meminimalkan cacat genetik sekaligus menstabilkan sifat-sifat genetik yang merupakan ciri khas. Adat-istiadat dan kepercayaan setempat mendukung kemurnian kucing ras kucing ini. Kucing ini ternyata komoditi penting bagi pejabat maupun pemuka di daerah, karena mempunyai arti dan nilai khusus.

Perkembang biakannya hanya terjadi di pulau Raas dan sangat dilindungi oleh penduduk setempat. Hanya kucing jantan yang sudah dikebiri yang diizinkan untuk dibawa keluar pulau. Kelahuran anak kucing berwarna abu-abu selalu dinantian untuk diberikan sebagai hadiah kepada orang orang tertentu ataupun penyayang kucing karena memang sangat diminati.

Dengan adanya perlakuan khusus dari penduduk setempat dalam hal penyebarannya keluar pulau Raas, kemungkinan besar tidak akan terjadi perkembangbiakan atau persilangan dengan kucing lain di tempat yang baru. Tetapi perkembangbiakan yang terjadi di pulau Raas itu sendiri belum dapat dipastikan, karena diduga terjadi secara alami, tanpa adanya pengawasan kusus dalam pembiakannya.