jenis-Jenis Makanan Katak atau Kodok

jenis-Jenis Makanan Katak atau Kodok


Layaknya makhluk hidup lainnya, Katak atau kodok juga memerlukan makanan. Mungkin sebagian diantara kita belum tau apa saja makanan katak atau kodok. Baiklah, Pada postingan kali ini saya akan membahas apa saja Jenis-jenis Makanan katak atau kodok.

Di habitat air, Katak atau kodok memakan berbagai jenis serangga yang ada disekitarnya.
contoh di kota, Kotak banyak ditemui berkerumun di bawah cahaya lampu taman atau jalan untuk memangsa serangga-serangga yang suka terhadap cahaya lampu tersebut. Sedangkan di habitat aslinya katak atau kodok memangsa jenis-jenis serangga yang mereka temui, namun ada juga jenis katak atau kodok yang memakan hewan jenis reptile seperti ular kecil, mamalia seperti tikus, dan juga kanibali yaitu katak besar memangsa katak yang lebih kecil.

Untuk pemberian makanan katak tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup 2 sampai 3 hari sekali untuk katak yang berukuran kecil. Sedangkan untuk katak yang berukuran lebih besar bisa diberikan makanan setiap seminggu sekali.

Makanan untuk katak peliharaan atau budidaya:

1. Ikan kecil, seperti baby fish dll, usahakan dalam pemberian makan ikan dalam keadaan hidup dengan cara masukkan ikan kedalam wadah kecil kemudian biarkan katak atau kodok datang dan memakan ikan tersebut.

2. Siput, bisa siput sawah ataupun bekicot, sebelum diberikan ke katak atau kodok bersihkan dahulu siput dari cangkangnya.






3. Jangkrik, adalah makanan umum yang bisa diberikan untuk katak atau kodok peliharaan kita, selain harganya murah juga mudah untuk didapatkan, jangan memeri kodok atau katak kita jangkrik dari hasil tangkapan di alam liar karena jangkrik tersebut bisa berpotensi membawa penyakit.


4. Tikus putih atau anak tikus lainnya, pada umumnya diberikan untuk jenis katak atau kodok tertentu yang berukuran besar seperti kodok pacman. Namun sebelum diberikan pastikan dulu kalau tikus putih terbebas dari penyakit dengan cara bisa dibeli dari orang yang khusus membudidaya tikus untuk dijual.


5. Laba laba kecil,tentu laba-laba yang tidak beracun dan mudah di dapatkan.







Dari semua contoh makanan untuk katak diatas, jangkrik merupakan makanan yang paling umum dan mudah diberikan untuk katak atau kodok peliharaan kita, sedangkan untuk tikus putih diberikan terbatas untuk katak atau kodok jenis tertentu saja.

Makanan yang tidak boleh diberikan:
Seperti yang telah kita ketahui, katak atau kodok adalah hewan karnivora, mereka hanya makan hewan hewan kecil dan serangga, jadi sangat tidak dianjurkan memberi makanan selain serangga atau hewan kecil lainnya, seperti memberi keju, snack, buah buahan, daging mentah, makanan yang mengandung pengawet, dll.

Saya harap anda sudah mengerti tentang makanan apa saja yang diberikan untuk katak atau kodok peliharaan kita, sekarang waktunya mulai memelihara katak. Semoga berhasil!!!




Share on: Facebook Google+

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top