Ciri Murai Lampung Super

Ciri Murai Lampung Super

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Ciri Murai Lampung Super Dari begitu banyak burung kicauan di Indonesia, Murai mempunyai penilaian istimewa di kalangan para penghobi burung kicauan. Bisa dibilang Murai sebagai ikon burung kicauannya Indonesia. Walaupun kita juga tau beberapa jenis Murai terdapat di negara lain, seperti Murai Thailand, Malaysia, Filipina (Murai Luzon, Murai Cebu).

Berbicara mengenai Murai, tidak terlepas dari jenisnya yang beraneka ragam. Untuk itu, pada kesempatan ini penulis akan membatasi pembahasan hanya mengenai Ciri Murai Lampung Super. Sebab, sangat sedikit artikel yang membahas tentang Murai jenis ini, jika kita bandingkan dengan Murai Medan atau Murai Aceh. Sehingga, kefamiliaran Murai Lampung Super tidak begitu dikenal keberadaannya

Sama dengan Murai Lainnya, Murai Lampung juga termasuk ke dalam spesies Copsychus Malabaricus, yang penyebarannya paling dominan di wilayah Sumatera. Namun, meskipun masih bisa dikelompokkan dalam ruang lingkup wilayah yang sama, murai Lampung super memiliki perbedaan dengan kedua jenis Murai saudaranya, Murai Medan dan Nias. Perbedaan paling mencolok yaitu terlihat pada ekornya yang lebih pendek daripada murai medan dan nias.

Populasi Murai jenis ini banyak dijumpai tepatnya di kawasan Krakatau, Lampung. Walaupun saat ini kita akan kesulitan untuk menemukannya, sekalipun kita berada di habibat asalnya yaitu wilayah Lampung. karena, perburuan dan penebangan Hutan terus berlanjut.

Ciri-ciri
Mungkin dari segi fisik, objek yang paling mudah untuk membedakan Murai Lampung super yaitu tubuhnya yang berukuran kecil dan pada ekornya yang pendek dengan ukuran 11-12 cm terdapat bulu putih di bawah ekor. Karena apabila melihat dari sisi lain, hampir sama dengan Murai pada umumnya. Alternatif selanjutnya untuk mengetahui jenis Murai Lampung Super adalah dengan mengamati tingkah lakunya saat bertarung. menaik turunkan kepala adalah suatu kebiasaan yang sering dilakukan, seolah-olah mematuk. Berbeda dengan Murai lainnya yang ketika bertarung suka memekarkan bulu dadanya.

Kelebihan dan Kekurangan
Dari segi kemampuan, Murai Lampung Super juga memiliki kicauan yang tidak kalah hebat. Sama seperti Murai pada umumnya memiliki kemampuan menirukan berbagai jenis suara burung kicauan lainnya, tinggal kemampuan pemilik saja dalam mengolah variasi suara kicauannya. Tetapi sedikit kekurangan dari Murai Lampung Super. yang banyak tidak disukai penghobi adalah Mentalnya yang lemah saat bertarung. Apabila bertemu lawan yang tidak sebanding, maka Murai ini langsung down kemampuannya dan tidak ada lagi perlawanan. Maka sebelum murai lampung diikut sertakan di arena lomba, pastikan terlebih dulu bahwa kondisi mentalnya sudah benar-benar matang.

Sementara untuk melihat bentuk fisik dengan ekornya yang lebih pendek, ada dua pandangan. Sebagian dari penghobi berpendapat bahwa dengan ukuran ekor yang sedikit lebih pendek adalah sebuah keuntungan dari Murai Lampung Super karena dapat mendukung kelancaran gerakannya yang lincah dan suara kicauan karena Murai tersebut tidak membutuhkan stamina yang lebih untuk menopang tubuhnya. Sementara sebagian lagi menilai, ekor yang pendek adalah sebuah kekurangan dari Murai Lampung karena kelihatan tidak indah atau menawan untuk dipandang.

Namun, apabila ditinjau dari segi harga jual di pasaran. Harga Murai Lampung Super lebih mahal dari Murai Kalimantan. Itu artinya, Murai Lampung Super masih mempunyai nilai jual yang tinggi di pasaran., kisaran harga 1,5 - 2 jutaan. Demikian artikel Ciri Murai Lampung Super semoga bermanfaat.


Share on: Facebook Google+

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top