Tips Perawatan Akuarium Kuda Laut


Seperti telah disebutkan sebelumnya, ekosistem yang diciptakan untuk memelihara kuda laut ini terdiri dari akuarium, dengan berbagai rumput laut yang hidup dan berkembang didalamnya. Dengan adanya rumput laut ini, beberapa jenis maro plankton bisa tumbuh dan berkembang, sehingga bisa menjadi makanan suplemen (tambahan) bagi kuda laut. Agar pertumbuhan makro plankton ini  tetap terjaga, maka diperlukan adanya tambahan karbon kedalam system, caranya, bisa dengan menambahkan sejumlah makanan ikan (dalam bentuk pellet misalnya, karena mudah didapatkan). Untuk akuarium dengan volume lebih kurang 400 liter, bisa ditambahkan lebih kurang satu sendok the makanan ikan ini ke dalamnya, setiap dua hari sekali. Hati-hati dengan pemberian pakan ini. Jika deberikan secara berlebihan, dapat merusak kualitas air.
Jika pemberian pakan ikan ini secara teratur, maka akan terjadi pertumbuhan yang baik bagi makhluk-makhluk mikro maupun makro. Dengan adanya penambahan karbon kedalam system, maka rumput laut yang ditanam didalamnya pun akan tumbuh bertambah banyak. Untuk itu, diperlukan pemotongan terhadap rumput laut secara berkala, misalnya seminggu sekali. Pemotongan ini diperlukan, agar akuarium tempat memelihara kuda laut tidak menjadi hutan rumput,, yang pada akhirnya akan menganggu  kehidupan kuda laut itu sendiri.
Perawatan lain yang tak kalah penting, adalah penggantian air laut. Seperti pada pemeliharaan ikan hias laut, maka penggantian air juga harus dilakukan secara berkala. Air laut bisa diganti sebanyak lebih kurang 20% tiap 3 (tiga) bulan. Jika anda mempunyai waktu, anda bisa melakukannya lebih sering, dan hasilnya akan lebih baik. Misalnya sebesar 10% tiap bulannya.