Perawatan Ikan Maskoki di Aquarium


Selain anda harus memperhatikan ukuran dan tingkat kepadatan akuarium, seta volume dan mutu air, anda juga tidak bisa mengabaikan suhu, tingkat keasaman dan kandungan lumut dalam aquarium, serta penempatan aquarium dan penyinaran akuarium, agar kondisi ikan maskoki milik anda bisa tetap prima dan sedap dipandang mata.

Suhu yang stabil
Ikan maskoki adalah makhluk air yang suhu tubuhnya bisa berubah-rubah, yang disesuaikan dengan lingkugan tempat tinggalnya (poikilotermik) atau biasa disebut dengan makhluk berdarah dingin, sama seperti hewan reptilia. Meskipun demikian ikan maskoki tidak dapat hidup sehat pada suhu air yang berubah-ubah secara drastic.
Tingkat keasaman di dalam aquarium
Berdasarkan pengalaman dan pemgamatan dari para pembiak ikan maskoki, tingkat keasaman yang dibutuhkan oleh ikan maskoki adalah pH normal, dan biasanya pH normal tersebut dilambangkan dengan pH 7.

Kandungan lumut dalam aquarium
Lumut termasuk sejenis gulma yang kehadirannya diharamkan di akuarium, karena merusak pemandangan. Penampilan ikan jadi kurang jelas, nuansa yang muncul dari aquarium  tidak bisa maksimal dilihat. Adanya lumut yang berlebihan juga menganggu pernafasan ikan, karena bisa tersedot kedalam insang.

Penempatan dan penyinaran aquarium
Penempatan aquarium di rumah tidak bisa seenaknya. Ada ketentuan yang harus dipatuhi agar keindahan aquarium beserta penghuninya bisa dinikmati secara jelas, dan juga mudah dalam perawatannya. Aquarium pada umumnya ditaruh dalam ruang keluarga, ruang santai, dan ruang tamu.