Mengenal Ikan New Ching Hwa Kamalau

Ikan Lau Han dari “Negeri Ching Hwa, kian hari kian eksotis dan menjadi bahan perbincangan yang tiada habisnya dikalangan bobiis ikan Lau Han.Ching Hwa baru muncul, menambah marak jenis ikan dengan ciri khas kepala nonong dan mutiara berwarna yang menempel pada tubuh ikan mahal tersebut. Ikan New Ching Hwa Kamalau merupakan tren yang sangat dicari-cari dan digandrungi oleh hobiis ikan. Nama kamalau sendiri berasal dari daerah Ipoh, sebuah daerah yang banyak dihuni oleh suku Canton, yang terletak di selatan Negara Malaysia. Kamalau sendiri berarti Kera Emas. Bahkan ikan dengan arti kera  itu, ikan New Ching Hwa Kamalau juga jarang ditemukan.
















Kalau diperhatikan secara mendetil, ikan New Ching Hwa Kamalau memang mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan Ching Hwa jenis lainnya. Pada bagian tubuh ikan New Ching Hwa Kamalau, sangat banyak mutiara dengan ukuran besar. Tapi, meski mutiara tersebut tidak tertata dengan rapi, seperti pada ikan Ching Hwa pada umumnya, justru menambah nilai eksotis ikan New Ching Hwa Kamalau, karena mutiara yang tidak beraturan tersebut berwarna kuning keemasan, sehingga sangat indah dan menyolok.

Pilihan warna ikan New Ching Hwa Kamalau hanya dua sampai tiga macam saja. Kebanyakan ikan New Ching Hwa Kamalau berwarna ungu. Namun, ikan New Ching Hwa Kamalau dua warna, yaitu kuning dan merah, lebih disukai oleh para penghobi.
Karakteristik ikan New Ching Hwa Kamalau yang perlu menjadi perhatian hobiis ikan adalah sebagai berikut:
  1. Bentuk kepala: pada bagian kepala atau wajah ikan tetap pada New Ching Hwa, yang rata-rata bentuk ikan wajah ikan tersebut Baby Face.
  2. Mata: dibagian mata ikan New Ching Hwa Kamalau rata dengan muka ikan tersebut sehingga dipandang enak sekali.
  3. Sirip atas dan bawah: untuk sirip bagian atas dan bawah memanjang ke belakang dan menyatu dengan ekor ikan.
  4. Nonong: rata-rata, bentuk nonong yang ada jenis ikan New Ching Hwa Kamalau ini tidak begitu menonjol.
  5. Warna: jika seekor ikan New Ching Hwa Kamalau berwarna ungu, biasanya seluruh tubuh ikan tersebut juga berwarna ungu. Tetapi, ada juga ikan New Ching Hwa Kamalau yang bewarna ungu pada bagian kepala dan bagian tubuh saja. Sedangkan ikan New Ching Hwa Kamalau yang mempunyai warna kuning dan merah, biasanya warna kuning lebih dominan, yaitu sebesar kurang lebih 70 %, dan bagian merahnya kurang lebih 30%.
  6. Marking: pada jenis ikan New Ching Hwa Kamalau, marking-nya tidak begitu menonjol bahkan bisa dibilang hilang, karena marking tidak begitu jelas dan ukurannya kecil sekali, hanya berbentuk bintik-bintik, dan paling banyak tiga.
  7. Ekor: Ikan New Ching Hwa Kamalau tidak meninggalkan cirri ekor Ching Hwa, yaitu melebar seperti kipas, yang menyatu dengan sirip ikan bagian atas dan bawah.