Mengenal Pola Makan Marmut


Dihabitat aslinya, makanan marmut adalah rerumputan, biji-bijian, rumput liar, serangga kecil, tempanyak dan buah-buahan. Adalah salah bila kita menyebut marmut sebagai hewan herbivora, karena mereka adalah pemakan segala atau sering kita sebut sebagai hewan omnivora. Dan untuk tetap sehat, mereka tidak membutuhkan protein dalam mengatur pola makan. dan untuk semua jenis marmut seperti angora dan Abyssinian adalah pada dasarnya pola makannya sama.

Marmut memerlukan makan dua kali sehari, setiap hari (pagi dan sore). Tentunya dengan makanan yang berkualitas, mangkuk makanan yang terbuat dari tembikar (tanah liat) akan sangat penting untuk menjaga mutu makanan marmut agar tetap bersih dan kering, dan mencegah marmut memungut makanan yang jatuh dilantai kandangnya yang terbuat dari kawat. Mangkuk makanan harus dibersihkan setelah digunakan.

Marmut memerlukan keseimbangan dalam pola makannya, terutama pada formula pakan yang diberikan. Pakan haruslah sayuran yang segar dan juga rumput setiap harinya. Mereka tidak akan dapat meneruskan generasinya tanpa mendapatkan gizi yang selayaknya dan akan jatuh sakit tanpa makanan yang teratur dan seimbang. Rerumputan yang menjadi makanan mereka harus mengandung serat yang cukup, untuk mencegah gangguan pencernaan dan dapat membantu pertumbuhan gigi marmut.

untuk lebih detilnya berikut ini saya akan menjelaskan lebih rinci cara perawatan dan pola makanan yang baik untuk marmut:

Makanan untuk marmut yang sedang hamil
Salah satu tanda marmut anda sedang hamil adalah perutnya terlihat buncit dan besar. Jika anda masih ragu, mintalah dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan supaya anda dapat memberikan makanan yang tepat untuk marmut kesayangan anda.
  • Berikan pakan pellet secukupnya (1 sendok pencuci mulut) / hari. Kelebihan pellet dapat menyebabkan marmut kelebihan berat badan (obositas).
  • Jangan berikan pakan jenis muesli. Karena dapat menyebabkan marmut kekurangan mineral sehingga menyebabkan kerapuhan tulang. Pakan muesli adalah pakan yang terbuat dari jagung, kacang polong, gandum, dll.
  • Berikan sayur dan buah segar. Selada, paprika kuning dan hijau, worter, tomat dan stroberry sangat baik untuk marmut yang sedang hamil.
  • Berikan vit C. berikan vit C 1-2 tablet/hari, anda dapat menghubungi dokter hewan untuk mendapatkan vit C. kekurangan vit C dapat menyebabkan kelemahan system imun marmut.
  • Untuk air minum, berikan air yang bersih dan tentunya dalam wadah yang bersih dan harus diganti setiap hari.
Makanan untuk bayi atau anak marmut
Marmut yang masih kecil memerlukan makanan yang padat, induk marmut akan mengenalkan anaknya tentang makanan padat. bayi marmut akan mulai makan makanan padat pada beberapa hari setelah kelahirannya. Sediakan juga jerami alfalfa dan makanan marmut dewasa untuk anak marmut. 

Berikut ini adalah Rekomendasi Pakan Untuk Marmut:
 1. Royal Horse


Kelebihan pakan ini adalah cocok untuk segala jenis dan usia marmut. untuk informasi harga dan link pemesanan silakan klik link berikut ini.

2. Vital Rabbit


Kelebihan pakan ini adalah dapat meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh marmut. Klik disini untuk informasi harga dan pemesanan produk.